Pemprov Sulawesi Tenggara Pertahanankan Predikat WTP 11 Kali Berturut-turut

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Jumat, 31 Mei 2024
0 dilihat
Pemprov Sulawesi Tenggara Pertahanankan Predikat WTP 11 Kali Berturut-turut
Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto saat menerima LHP dari anggota VI BPK RI. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara raih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebelas kali berturut-turut sejak tahun 2013 "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara raih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebelas kali berturut-turut sejak tahun 2013. Opini WTO diberikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI), Jumat (31/5/2024).

Penyerahan ini diberikan secara langsung oleh anggota VI BPK RI, Pius Lustrilanang di aula kantor DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara kepada Ketua DPRD dan Pj Gubernur Sulawesi Tenggara.

Pius Lustrilanang mengatakan, sesuai Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 dan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2006, BPK RI memperoleh mandat untuk memeriksa laporan keuangan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2023 yang bertujuan untuk memberikan opini atas kewajaran laporan keuangan.

Baca Juga: Penyembelihan Hewan Qurban di UPTD RPH Kendari Terbuka Umum, Asal Memenuhi Syarat ini

Lanjut Pius Lustrilanang, hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK berdasarkan standar pemeriksaan keuangan negara. Berdasarkan hasil pemeriksaan BPK, penyusunan laporan keuangan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2023 telah sesuai dengan standar dasar pemeriksaan berbasis aktual, memadai, serta telah mendukung dengan SPI yang efektif.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan, pengecekan dan penginputan bahwa opini atas laporan keuangan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2023 adalah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)," ungkapnya.

Pius Lustrilanang berharap tahun 2024 Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan lebih menekan tingkat pengangguran.

"Salah satu yang harus digarisbawahi, predikat WTP menjadi tidak sempurna jika tidak dibarengi dengan peningkatan kesejahteraan rakyat," pungkasnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto, mengucapkan terima kasih kepada tim pemeriksa BPK RI yang terus mendorong Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara melakukan perbaikan pengelolaan keuangan dan barang milik negara yang disampaikan melalui berbagai rekomendasi dan temuan dalam laporan hasil pemeriksaan BPK RI.

Baca Juga: KFC Jetliner Beroperasi Kembali Usai Sempat Kandas dan Rusak Mesin, Berikut Jadwalnya

"Kita semua tentunya bersyukur, Provinsi Sultra tahun ini kembali berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI yang berarti ini merupakan pencapaian yang ke-11 kali secara berturut-turut sejak tahun 2013," ungkap Andap.

Andap menambahkan, pencapaian tersebut merupakan bentuk kesadaran dan komitmen seluruh jajaran Provinsi Sulawesi Tenggara untuk selalu berupaya mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan dengan menyampaikan laporan keuangan secara tepat waktu dan disusun sesuai standar akuntansi pemerintahan.

Andap mengingatkan seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, agar tidak berpuas diri atas keberhasilan capaian opini WTP tahun 2023. Dia berharap capaian itu menjadi pendorong semangat untuk berkinerja lebih baik lagi dalam rangka mempertahankan capaian opini WTP di masa yang akan datang. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga