Pengamat Nilai Dukungan Rifai Terhadap Paslon RAPI Tak Signifikan

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 01 November 2020
0 dilihat
Pengamat Nilai Dukungan Rifai Terhadap Paslon RAPI Tak Signifikan
La Ode Rifai Pedansa, dedengkot PDIP Sultra. Foto: Ist.

" Kalau dukungan PDIP otomatis itu pecah. Apalagi, pak Rifai ini adalah pendiri PDIP di Sultra. "

MUNA, TELISIK.ID - La Ode Rifai Pedansa, dedengkot PDIP Sultra telah menyatakan sikap mendukung Pasangan Calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Muna, LM Rajiun Tumada-La Pili (RAPI). Rifai pun all out untuk memenangkan paslon nomor urut dua itu.  

Hanya saja, dari pandangan pengamat politik Sultra, Muhamad Najib Husain menilai, dukungan Rifai itu tidak signifikan dapat mempengaruhi pemilih. Sebab, Rifai tidak mengakar di masyarakat dan pendukung Rifai masih berada dibawah.

"Jika pun ada, dukungan masyarakat (pemilih) tidak signifikan," kata Najib.

Baca juga: Nekwan Siap Bertarung di Pilwali Kendari 2022 Mendatang

Akan tetapi, menurut Najib, dengan bergabungnya Rifai di paslon RAPI secara hitungan politik dapat memberi kontribusi untuk memecah dukungan kader dan simpatisan PDIP di kubu LM Rusman Emba. Sehingga saat ini tinggal bagaimana kader maupun simpatisan, apakah tegak lurus terhadap keputusan DPP PDIP atau tidak.

"Kalau dukungan PDIP otomatis itu pecah. Apalagi, pak Rifai ini adalah pendiri PDIP di Sultra," ujarnya.  

Bicara pendukung antara La Ode Rifai dengan Ridwan Bae dan LM Baharuddin sangat jauh berbeda. Ridwan Bae dan Baharuddin memiliki pendukung yang sangat loyal serta militan yang sudah lama dibina. Apalagi, karakter pemilih di Muna masuk pada kategori pemilih tradisional yang sangat patuh pada pemimpin mereka. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga