Pengembangan Investasi Industri di Konawe Bakal Serap Ribuan Tenaga Kerja

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 07 Maret 2023
0 dilihat
Pengembangan Investasi Industri di Konawe Bakal Serap Ribuan Tenaga Kerja
Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa saat memaparkan investasi industri pertambangan dan perkebunan di Kabupaten Konawe. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Ada 5 kawasan investasi yang sudah berjalan dan terus dikembangkan yakni KIK Morosi, IKIP Routa, Investasi Perkebunan Kelapa Sawit, IKIP Kapoiala, dan Tiga Sekawan Resources Investmen "

KONAWE, TELISIK.ID - Pengembangan investasi industri pertambangan dan perkebunan di Kabupaten Konawe diprediksi bakal menyerap banyak tenaga kerja. Diketahui, ada 5 kawasan investasi yang sudah berjalan dan terus dikembangkan yakni KIK Morosi, IKIP Routa, Investasi Perkebunan Kelapa Sawit, IKIP Kapoiala, dan Tiga Sekawan Resources Investmen.

Kelima kawasan investasi ini digadang-gadang bakal menuntaskan masalah tenaga kerja yang ada di Sulawesi Tenggara.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengatakan, jumlah tenaga kerja lokal yang berada di kawasan industri Morosi itu sebanyak 24.000 orang dengan 40 persen tenaga kerja berasal dari Konawe.

"Untuk investasi yang berada di Morosi ini ada di angka Rp 85 triliun," ujarnya.

Selain kawasan industri Morosi, juga ada kawasan Investasi Konawe Industrial Park Routa yang menyerap tenaga kerja sebanyak 25.000 orang dengan nilai investasi mencapai 5 miliar USD.

Untuk kawasan Investasi Konawe Industrial Park Kapoiala, potensi untuk tenaga kerja mencapai 100.000 orang dengan nilai investasi mencapai 4 miliar USD atau setara dengan Rp 60 triliun.

Baca Juga: Pemkab Konawe Apresiasi PT VDNI yang Dirikan Sekolah di Kawasan Industri

Tiga Sekawan Resources Investmen terletak di Kecamatan Amonggedo. Saat ini, industri ini sedang sementara membangun dan diperkirakan akan beroperasi tahun ini.

Potensi tenaga kerja diperkirakan sebanyak 1.000 orang sedangkan investasi untuk industri ini sebesar Rp 1 triliun.

Sementara untuk investasi perkebunan kelapa sawit, jumlah tenaga kerja yang diserap sebanyak 6.584 orang, dengan jumlah investasi Rp 282 miliar.

Diketahui kelima investasi ini dibangun saat kepemimpinan Kery Saiful Konggoasa selama 2 periode ia menjabat sebagai Bupati Konawe.

Sementara itu, Sekertaris Daerah Konawe, Ferdinand Sapan mengatakan, motivasi dari Bupati Konawe mendorong sektor pertambangan untuk dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Konawe.

"Seperti yang kita lihat sekarang, salah satu penyumbang pertumbuhan ekonomi di Konawe ya dari sektor pertambangan," ujarnya.

Ia juga mengatakan, untuk kawasan industri pertambangan yang berada di Amonggedo, terdapat potensi investasi.

Baca Juga: Tiga Kawasan di Kolaka Utara Diproyeksi Tempat Pembangunan Industri Smelter

"Karena ada potensi di sana, makanya kita dorong untuk orang melakukan investasi, dan ternyata ada yang ingin berinvestasi di sana," tambahnya.

Sekda menambahkan, untuk kawasan industri pertambangan, di Kabupaten Konawe ada 3 kawasan yang sudah terbangun.

"Yang sudah berjalan saat ini kan pertambangan Morosi, dan yang lain sementara dibangun," pungkasnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga