Pengembangan Potensi Desa Terkendala Jaringan Internet

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Sabtu, 06 November 2021
0 dilihat
Pengembangan Potensi Desa Terkendala Jaringan Internet
Salah satu tower jaringan telekomunikasi. Foto: Ist.

" kabupaten Buton melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) membangun kemitraan dan kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Kementerian Desa "

BUTON, TELISIK.ID - Pengembangan potensi desa di Kabupaten Buton masih terkendala oleh jaringan telekomunikasi, khususnya koneksi internet.

Untuk itu kabupaten Buton melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) membangun kemitraan dan  kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Kementerian Desa.

"Kendala apa saja yang dihadapi di desa  mengenai jaringan telekomunikasi bisa langsung ditanyakan ke tenaga ahli selaku Ketua Pendamping dalam program kemitraan tersebut," ungkap Wakil Bupati Buton, Iis Elianti pada Sosialisasi Program Kemitraan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)-Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) dan Penilaian BUMDes di Kabupaten Buton Jumat (5/11/2021).

Iis Elianti juga berharap peserta sosialisasi kemitraan tersebut memperoleh pengetahuan tentang layanan internet.

Baca Juga: Rutan Kelas II B Raha Tampung 9 Napi dan Tahanan Koruptor

Baca Juga: Bupati Butur Serahkan Rancangan KUA PPAS Tahun Anggaran 2022

"Ke depan BUMDes akan menjadi sumber PAD yang sangat besar. Olehnya itu mari kembangkan BUMDes menjadi suatu usaha yang besar dan menjadi lahan untuk pengembangkan potensi desa itu sendiri. Kalau BUMDes maju, insya Allah masyarakatnya juga akan sejahtera," harapnya.

Senada dengan itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Buton, Drs. Murtaba Muru, MA mengatakan, jaringan telekomunikasi sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

"Tanggal 4 Desember nanti akan dilaksanakan Pemilihan Kepala Desa serentak, namun kami kesulitan untuk  mengadakan pertemuan secara virtual dengan pihak penyelenggara Pilkades, karena ada beberapa desa yang masih belum dijangkau jaringan internet," ujarnya.

Dengan adanya kemitraan tersebut, ke depan di masyarakat atau kegiatan  pemerintahan dapat dilakukan secara daring tanpa  terkendala jaringan.(B)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga