Rutan Unaaha Siapkan Satu TPS Khusus untuk Warga Binaan di Pilkada Serentak 2024

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 30 September 2024
0 dilihat
Rutan Unaaha Siapkan Satu TPS Khusus untuk Warga Binaan di Pilkada Serentak 2024
Kunjungan KPU Konawe ke Rutan Kelas IIB Unaaha yang diterima oleh Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan, Supriono, terkait TPS khusus dalam rutan. Foto: Ist.

" Rutan Unaaha Sulawesi Tenggara menyiapkan satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus untuk pelaksanaan pilkada yang akan berlangsung pada November 2024 "

KONAWE, TELISIK.ID - Rumah Tahanan (Rutan) Unaaha Sulawesi Tenggara, menyiapkan satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan berlangsung pada November 2024.

Persiapan TPS Khusus ini bertujuan untuk memastikan hak suara narapidana dan tahanan dapat terakomodasi dengan baik dalam pilkada.

Kepala Rutan Unaaha, Hery Kusbandono menjelaskan bahwa semua prosedur keamanan dan  sarpras telah dipersiapkan dengan matang, termasuk pengaturan waktu pemungutan suara yang terpisah agar tidak mengganggu kegiatan di dalam rutan.

Hery menambahkan, narapidana dan tahanan nantinya akan diberikan informasi terlebih mengenai calon kepala daerah dan proses pemungutan suara.

Baca Juga: 1.596 Warga Binaan Salurkan Hak Pilih di TPS Khusus Rutan dan Lapas Kendari

"Kami di Rutan IIB Unaaha siap untuk mendukung penyelenggaraan TPS Lokasi Khusus demi memastikan seluruh warga binaan yang memiliki hak pilih, dapat memberikan suara mereka dalam pilkada mendatang," ujar Hery kepada telisik.id, Senin, (30/09/2024).

Dengan adanya TPS khusus ini, Hery berharap partisipasi politik narapidana dapat meningkat, dan mereka dapat menjalankan haknya sebagai warga negara dengan baik.

Baca Juga: KPU Kota Kendari Siapkan 5 TPS Khusus di Rutan dan Lapas

Dalam hal ini, Rutan Kelas IIB Unaaha bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe untuk memastikan kelancaran dan keadilan dalam proses pemilihan.

Adapun jumlah wajib pilih di Rutan Kelas IIB Unaaha sebanyak 222 orang dengan rincian laki-laki 214 orang dan 8 orang perempuan.

Sosialisasi mengenai pilkada akan dilakukan dalam waktu dekat, sehingga semua narapidana dan tahanan dapat memahami pentingnya pemilu dan berpartisipasi secara aktif. (C)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga