Penyebab Kebakaran Pasar Laino Terungkap

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 16 Juli 2020
0 dilihat
Penyebab Kebakaran Pasar Laino Terungkap
Kasat Reskrim Polres Muna, IPTU Hamka. Foto : Sunaryo/Telisik

" Hasil pemeriksaan tidak ditemukan bahan kimia seperti minyak. Api bersumber dari bara, entah dari putung rokok, lilin atau obat nyamuk. "

MUNA, TELISIK.ID -  Misteri penyebab kebakaran yang menghanguskan kurang lebih 644 kios di Pasar Sentral Laino, 5 Juni lalu, akhirnya terungkap.

Berdasarkan hasil penyelidikan yang dilakukan Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Makassar, penyebab kebakaran dipicu tersulutnya barang-barang yang mudah terbakar di kios pertama oleh bara atau nyala api terbuka (open flame).

"Hasil pemeriksaan tidak ditemukan bahan kimia seperti minyak. Api bersumber dari bara, entah dari putung rokok, lilin atau obat nyamuk," kata Kapolres Muna, AKBP Debby Asri Nugroho melalui Kasat Reskrim, IPTU Hamka.

Baca juga: Gunung Merapi Keluarkan Guguran

Hamka juga sempat mempertanyakan ke Labfor, apakah percikan api bukan berasal dari arus pendek listrik. Jawaban dari Labfor, bukan. Sebab, saat olah tempat kejadian perkara (TKP), tidak ditemukan instalasi yang hubungan arus singkat listrik pada peralatan mekanik menghasilkan panas dan nyala api.

"Jadi bukan dibakar atau korsleting listrik, tapi karena nyala api terbuka yang menyulut barang-barang mudah terbakar," ungkapnya.

Mantan Kasat Narkoba itu berharap polemik penyebab kebakaran pasar dihentikan. Apalagi, menyebar informasi bahwa pasar sengaja dibakar. Hasil pemeriksaan labfor sudah ada dan tidak ditemukan adanya unsur kesengajaan.

Sekedar diketahui, kebakaran yang melanda Pasar Laino terjadi pada 5 Juni lalu sekira pukul 02.00 Wita dini hari. Kobaran api yang membesar akibat tiupan angin  kencang menghanguskan 644 kios. Kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Reporter : Sunaryo

Editor : Haerani Hambali

Baca Juga