Perbaikan Jalan Tak Menyeluruh, Massa Unjuk Rasa di DPRD Sultra

Andi May, telisik indonesia
Senin, 15 November 2021
0 dilihat
Perbaikan Jalan Tak Menyeluruh, Massa Unjuk Rasa di DPRD Sultra
Demonstrasi terkait perbaikan Jalan Provinsi Kabupaten Muna. Foto: Andi May/Telisik

" Unjuk rasa tersebut dilakukan akibat perbaikan jalan provinsi yang menghubungkan, Kabupaten Muna, Muna Barat dan Buton Tengah di Kecamatan Kabawo Kabupaten Muna tidak menyeluruh "

KENDARI, TELISIK.ID - Aliansi Pemuda dan Pelajar (AP2) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan unjuk rasa di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra, Senin (15/11/2021).

Unjuk rasa tersebut dilakukan akibat perbaikan jalan provinsi yang menghubungkan, Kabupaten Muna, Muna Barat dan Buton Tengah di Kecamatan Kabawo Kabupaten Muna tidak menyeluruh.

Kepala Divisi Pergerakan AP2 Sultra, Boby mengatakan, jalan tersebut sempat dikerjakan pada bulan September 2021 lalu, kerusakan jalan itu sepanjang 6,5 Km namun perbaikan hanya sepanjang 3 Km.

"Di tengah perbaikan beredar surat pembatalan tender proyek yang diduga dilakukan oleh Kadis Bina Marga Sultra atas perintah Gubernur Sultra," ujar Boby.

Hal itu menunjukan, lanjut Boby, bahwa ketidakseriusan Pemprov dalam menangani penuntasan jalan provinsi yang menghubungkan 3 kabupaten tersebut.

Baca Juga: Diguyur Hujan, Ruas Jalan di Baubau Banjir

Baca Juga: Legislator Demokrat Minta Doa Yatim Piatu dan Ulama Demi Kesembuhan SBY

"Jalan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat sebagai akses kelancaran kebutuhan ekonomi mereka, akibat rusaknya jalan tersebut ini sangat berpotensi mematikan perekonomian masyarakat di sana," lanjut Boby.

Berdasarkan hal tersebut, pihaknya meminta kepada DPRD Sultra agar mengusulkan penggantian status jalan provinsi menjadi status jalan nasional.

"Kami menilai pemprov tidak mampu mengakomodir perbaikan jalan tersebut, selain itu kami meminta DPRD Sultra dapat memperjuangkan penuntasan jalan yang menghubungkan 3 kabupaten tersebut," tegas Boby.

Pihaknya juga akan mengajak pemuda Kabupaten Muna untuk menduduki Rujab Gubernur Sultra jika jalan tersebut tidak ada perbaikan kembali.

Sampai dengan demonstrasi selesai, pihaknya belum menemui anggota DPRD Sultra. (C)

Reporter: Andi May

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga