Pernah jadi Negara Termiskin di Bawah Indonesia, Ini Alasan China Kini Negara Maju di Dunia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 07 Oktober 2023
0 dilihat
Pernah jadi Negara Termiskin di Bawah Indonesia, Ini Alasan China Kini Negara Maju di Dunia
Pernah jadi negara termiskin di bawah Indonesia, terdapat beberapa alasan China jadi salah satu negara maju di dunia. Foto: Kompas.com

" China merupakan salah satu negara maju di dunia. Pertumbuhan perekonomian China karena kemampuannya untuk belajar dari negara tetangga dan kemauannya menguasai teknologi "

KENDARI, TELISIK.ID - China merupakan salah satu negara maju di dunia. Pertumbuhan perekonomian China karena kemampuannya untuk belajar dari negara tetangga dan kemauannya menguasai teknologi.

Perjuangan China dalam meningkatkan perekonomiannya dimulai dari 1978. Selain lebih rendah dari Indonesia, pendapatan per kapita China juga masih 2/3 dari pendapatan India. Pada 2002 pendapatan China masih kurang dari US$ 300 miliar per tahun tapi terus merangkak naik menjadi US$ 10 triliun di tahun 2011.

"Sekitar 33 tahun yang lalu China lebih miskin daripada Indonesia, sekarang kami masuk tujuh besar dunia," ujar Qian, Ekonom sekaligus Dekan Sekolah Tinggi Ekonomi dan Manajemen Tsinghua dikutip dari Tempo.co.

Menurut Qian, negara tetangga yang menjadi sumber pelajaran China adalah Jepang, Korea, Singapura, dan Indonesia.

"Dari Jepang dan Korea kami belajar teknologi. Dari Singapura dan Indonesia kami belajar bagaimana caranya agar tidak gagal," katanya.

Baca Juga: Pemanasan Global, Puncak Es Mont Blanc Prancis Menyusut

Sebagai negara berpenduduk terpadat nomor 2 di dunia, China menjelma menjadi negara yang mempunyai sistem perdagangan yang sangat efektif. Mereka memanfaatkan kecerdasan dan sumber daya manusia yang sangat mumpuni dari para warganya untuk melakukan inflasi perdagangan.

Namun, tahukah Anda jika ada faktor yang membuat China menjadi negara maju di antaranya:

1. SDM berkualitas

Melansir Blueraycargo.id, hal pertama yang menjadi faktor penyebab Negeri Panda ini menjadi negara adidaya pada saat ini adalah sumber daya manusia yang sangat berkualitas. Di China, banyak sekali orang-orang yang mempunyai pemahaman intelektual tinggi tentang bisnis, perdagangan, dan juga perekonomian.

Bahkan, orang-orang China juga kerap kali membuat terobosan teknologi atau produk baru yang sangat menggemparkan dunia. Selain itu, faktor konsumsi makanan berprotein tinggi bagi anak-anak di China juga membuat negara ini menjadi negara yang mempunyai sumber daya manusia berkualitas tinggi.

2. Strategi perdagangan yang efektif

Faktor kedua yang menjadikan China negara maju adalah strategi perdagangan yang sangat efektif. Mereka menggunakan strategi dagang cheap but high quality. Jadi, negara ini seringkali menjual berbagai produk dengan harga yang sangat murah namun dengan kualitas yang sangat bagus.

Sebagai contoh, banyak sekali beredar ponsel dan laptop asal China yang mempunyai harga jual relatif murah. Namun, dibalik murahnya harga produk tersebut, China tidak lupa mengedepankan kualitas di setiap produk yang mereka jual.

Karena hal ini lah membuat China berhasil menguasai pasar dagang di dunia, khususnya untuk sektor industri teknologi, gadget, dan perlengkapan rumah tangga.

3. Sistem pemerintahan yang jujur

Di China, setiap pelaku kejahatan korupsi baik itu skala kecil dan skala besar, akan mendapat hukuman mati. Hal ini memang sangat bertentangan dengan hak asasi manusia. Namun, karena peraturan ini lah yang menjadikan China negara maju.

Hal ini sangat berbeda dengan sistem hukum di Indonesia khususnya yang terkait korupsi. Di Indonesia, pidana untuk pelaku koruptor hanya terkena hukuman sekitar 5 sampai 8 tahun penjara. Mungkin faktor ini menjadi salah satu sebab yang membuat negara Indonesia jadi sulit berkembang.

4. Pasukan dan alat militer yang kuat

Pasukan militer dan segala perlengkapan perang milik negara ini juga termasuk yang terbaik di dunia. Tak heran jika hal ini menjadikan China negara maju dan sangat ditakuti di dunia. Bahkan, nomor 2 terkuat setelah Amerika Serikat.

5. Berani mengambil langkah terobosan

China adalah salah satu negara yang berani menentang Amerika Serikat dari segi peraturan internasional, dan juga persaingan dagang internasional. Dengan persiapan yang matang, China berhasil melakukan terobosan berbekal keberanian negara ini dalam menginvasi perdagangan Amerika Serikat secara keseluruhan.

Hasilnya, terbukti saat ini di berbagai belahan dunia terdapat banyak sekali pabrik dan perusahaan asal Negeri Panda yang berkembang pesat di negara lain. Faktor ini membuat orang sering bertanya apakah china negara maju atau berkembang sebab bisa mengalahkan Amerika Serikat.

Baca Juga: Nama Cristiano Ronaldo Bakal Dipakai jadi Stadion

6. Miliki jiwa pebisnis hebat

Saat ini, banyak sekali para pebisnis hebat seperti Jack Ma, Yan Jiehe, Zhang Zhidong, dan masih banyak lagi yang menjadi pebisnis sukses di dunia. Hal ini juga yang menjadikan China negara maju karena mayoritas penduduknya sangat memiliki jiwa pebisnis yang sangat kuat dan hebat.

7. Manajemen waktu yang sangat baik

Faktor terakhir yang menjadikan China negara maju adalah sistem manajemen waktu dari setiap orang China yang sangat baik. Orang China memiliki prinsip bahwa waktu adalah uang. Hal inilah yang mereka manfaatkan agar bisa mengembangkan bisnis mereka menjadi bisnis yang sukses.

Selain itu, orang-orang China juga memiliki tekad yang sangat kuat dan ditambah dengan kemampuan negosiasi yang baik. Hasilnya, jadilah sebuah sistem bisnis yang sangat kuat dan efektif. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga