Segini Fasilitas Relawan yang Mau Menetap di Mars Selama Setahun, Bukan Perokok

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 27 Februari 2024
0 dilihat
Segini Fasilitas Relawan yang Mau Menetap di Mars Selama Setahun, Bukan Perokok
Habitat simulasi hidup di planet Mars. Foto: Repro People.com

" Misi CHAPEA bertujuan untuk menyediakan data ilmiah yang berharga untuk memvalidasi sistem dan mengembangkan solusi untuk misi Mars di masa depan "

KENDARI, TELISIK.ID - NASA sedang mencari sukarelawan putaran kedua untuk mengambil bagian dalam proyek yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana rasanya hidup di planet Mars.

Simulasi satu tahun mendatang adalah bagian dari program CHAPEA (Analog Eksplorasi Kesehatan dan Kinerja Kru). Misi ini adalah yang kedua dari tiga misi berbasis darat yang direncanakan dan akan dimulai pada musim semi tahun 2025.

Misi CHAPEA bertujuan untuk menyediakan data ilmiah yang berharga untuk memvalidasi sistem dan mengembangkan solusi untuk misi Mars di masa depan. NASA menggunakan penelitian dari simulasi misi yang sedang berlangsung untuk menginformasikan kesehatan kru dan dukungan kinerja selama ekspedisi Mars yang sebenarnya.

Empat sukarelawan akan diminta untuk tinggal dan bekerja di dalam habitat cetak 3D seluas 1.700 kaki persegi di Johnson Space Center NASA di Houston seperti dilansir dari People.com.

Baca Juga: Elon Musk Akan Boyong 1 Juta Orang Tinggal di Mars, Tertarik Ikut?

Di habitat tersebut (Mars Dune Alpha) para relawan akan menghadapi tantangan misi Mars, termasuk sumber daya yang terbatas, kegagalan peralatan, penundaan komunikasi, dan pemicu tekanan lingkungan.

Namun, para sukarelawan akan diberikan tempat tinggal, ruang kerja, pusat kesehatan, area bersantai, dapur, dan tempat menanam makanan. Mereka akan diminta untuk melakukan simulasi berjalan di luar angkasa, bekerja dengan robot, pemeliharaan habitat, olahraga, dan pertumbuhan tanaman.

Berikut persyaratan yang perlu diperhatikan jika berminat jadi sukarelawan NASA dikutip dari Riau24.com, anta lain:

Baca Juga: Bill Gates Tegur Elon Musk Habiskan Uang di Planet Mars

- Warga negara AS yang sehat dan termotivasi atau penduduk tetap yang bukan perokok. Pelamar harus berusia antara 30-55 tahun, dan mahir berbahasa Inggris.

"Pelamar harus memiliki keinginan yang kuat untuk petualangan yang unik dan bermanfaat serta minat untuk berkontribusi pada pekerjaan NASA dalam mempersiapkan perjalanan manusia pertama ke Mars," kata NASA. Mereka juga harus memenuhi kriteria standar NASA untuk calon astronot.

- Batas waktu untuk melamar kesempatan unik ini adalah 2 April. Peserta akan diberi kompensasi untuk misi tersebut, namun belum ada rincian yang diberikan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga