Persiapan Tanam Padi, Ritual Nangluk Merana Umat Hindu di Koltim

Ela Isabella, telisik indonesia
Sabtu, 04 Desember 2021
0 dilihat
Persiapan Tanam Padi, Ritual Nangluk Merana Umat Hindu di Koltim
Ritual Nangluk Merana Umat Hindu Koltim untuk persiapan menanam padi. Foto: Ela Isabella/Telisik

" Umat Hindu di Koltim melaksanakan ritual Nangluk Merana di Bendungan Ladongi Kolaka Timur (Koltim), Sabtu (04/12/21). Hal tersebut dilakukan dalam rangka memulai menanam padi atau turun sawah. "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Umat Hindu Atula, Kecamatan Welala, kabupaten Kolaka Timur (Koltim) melaksanakan kegiatan upacara atau ritual Nangluk Merana di Bendungan Ladongi Kolaka Timur (Koltim), Sabtu (04/12/21).

Ritual Nangluk Merana tersebut dilakukan dalam rangka memulai menanam padi atau turun sawah.

Upacara Nangluk Merana adalah upacara yadnya yang dilaksanakan sebagai permohonan kepada Ida Sang Hyang Widhi, agar berkenan menangkal atau mengendalikan gangguan-gangguan yang dapat membawa kehancuran atau penyakit pada tanaman, seperti padi di sawah, hewan maupun manusia.

Dengan begitu, diharapkan gangguan-gangguan tersebut tidak membahayakan lagi, sebagaimana dijelaskan dalam kutipan artikel upacara ngaben tikus dalam jornal Bali.

Baca Juga: Belasan Perahu Nelayan di Kolut Rusak Diterjang Ombak, Tambat Labu Pemda Disorot

Kegiatan upacara Nangluk Merana ini dilaksanan pagi hingga siang hari dan diikuti oleh ratusan umat Hindu di daerah Atula, kecamatan welala, Kolaka timur (Koltim).

Baca Juga: Pasar Sentral di Bombana Disulap Jadi Garai Vaksin COVID-19

Dewa Dewi, salah satu pemangku Agama Hindu mengatakan, upacara atau ritual ini dilakukan sekali setahun dengan berbagai sarana melepas sesajian.

"Upacara Nangluk Merana dilakukan setiap tahun sekali dengan sajian melepas ayam maupun bebek di daerah yang berair, boleh di sungai, waduk, bendungan atau juga di laut sebagai sarana," katanya saat dikonfirmasi Telisik.id melalui WhatsApp.

Upacara ini bermaksud untuk memohon agar petani mendapat hasil yang baik dan tidak diganggu oleh hama.

"Dalam rangka menanam padi atau turun sawah, diadakan Upacara Nangluk Merana dengan harapan petani mendapat hasil yang baik sesuai harapan," ujarnya. (C)

Reporter: Ela Isabella

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga