Pasar Sentral di Bombana Disulap Jadi Garai Vaksin COVID-19

Hir Abrianto, telisik indonesia
Sabtu, 04 Desember 2021
0 dilihat
Pasar Sentral di Bombana Disulap Jadi Garai Vaksin COVID-19
Garai Vaksinasi Covid-19 di Pasar Sentral Bombana. Foto Hir/Telisik

" Pasar Sentral Kabupaten Bombana menjadi salah satu sasaran untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19. Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat pencapaian target program vaksinasi. "

BOMBANA, TELISIK.ID - Demi percepatan program vaksinasi, Pemerintah Kacamatan Rumbia Tengah bersama Puskesmas laksanakan vaksinasi di Pasar Sentral Kabupaten Bombana.

Sekretaris Kecamatan Rumbia Tengah, Amin M mengungkapkan, setiap hari Sabtu digelar pasar mingguan, dimana masyarakat berbondong-bondong ke pasar sehingga kerap menjadi alasan bahwa tidak pergi vaksin karena ke Pasar.

Olehnya itu, kata dia, pemerintah menginisiasi membuka garai vaksin di pasar.

"Kita jemput bola. Kebetulan setiap hari Sabtu pasar ini ramai penjual dan pembeli, maka kami datangi mereka agar vaksin ini tetap berjalan sambil berjualan atau belanja," katanya saat ditemui di lokasi vaksinasi, Sabtu (4/12/2021).

Baca Juga: Peserta Vaksin Membludak, Ketua IDI Muna dan Camat Lohia Kewalahan

Berdasarkan pantauan Telisik.id, animo masyarakat untuk mengikuti vaksinasi sangat baik, dari yang masih remaja hingga orang dewasa berbondong-bondong mengantri. Vaksinasi COVID-19 ini akan terus dilaksankan selama satu pekan, 4-11 Desember 2021.

"Kita akan laksanakan vaksinasi selama sepekan sampai 11 Desembe 2021 di tempat-tempat umum seperti pasar dan sekolah," tutur Amin.

Berdasarkan presentasi capaian vaksinasi, Kecamatan Rumbia Tengah merupakan kecamatan peringkat pertama dari 22 kecamatan dari angka yang ditargetkan oleh Pemerintah Kabupaten Bombana.

Baca Juga: Tak Ada Promosi Lanjutan, Misi Dagang Pemprov Jatim Disorot

Kepala Bidang Pelayanan dan SDK Dinas Kesehatan Bombana, Tarzan saat dikonfirmasi menjelaskan, berdasarkan data capaian vaksinasi, Kecamatan Rumbia Tengah ditargetkan 5281, telah 86,27 persen tervaksin dosis pertama dan 52,41 persen dosis kedua.

"Kecamatan Rumbia Tengah ini capaian vaksinasinya sangat tinggi dan menjadi kecamatan terbaik dari 22 kecamatan yang ada, karena hampir capai dari yang ditargetkan," pungkasnya.

Sementara untuk secara keseluruhan, capaian vaksinasi COVID-19 Kabupaten Bombana mencapai 53, 76 persen dosis pertama, 27,88 persen dosis kedua dan 0,61 persen untuk dosis ketiga dari jumlah yang ditargetkan yakni 114.474. (B)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga