Pertanian Konawe Tarik Perhatian Pemkab Minahasa Tenggara

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Selasa, 03 November 2020
0 dilihat
Pertanian Konawe Tarik Perhatian Pemkab Minahasa Tenggara
Suasana pertemuan antara Pemda Minahasa Tenggara dengan Pemda Konawe. Foto: Putra/Telisik

" Kita akan adopsi teknologi pertaniannya, Konawe juga memiliki arel persawahan yang sangat potensial. "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe menerima kunjungan kerja dari Pemkab Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, Selasa (03/11/2020).

Kunjungan Pemkab Minahasa Tenggara tersebut diterima langsung oleh Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara.

Wakil Bupati Minahasa Tenggara, Youke Legi mengatakan, dalam kunjungannya kali ini ia merasa tertarik pada sektor pertanian yang jadi andalan Konawe, apalagi saat pandemi sekarang ini.

Ia menambahkan, bahwa pihaknya tertarik pada stimulus Pemkab Konawe di sektor pertanian. Mekanisme teknologi pertanian dalam mendukung stok pangan, membuat Pemkab Minahasa Tenggara bakal mengadopsi gagasan pertanian itu di daerahnya.

"Kita akan adopsi teknologi pertaniannya, Konawe juga memiliki arel persawahan yang sangat potensial," ungkapnya.

Menurutnya, teknologi pertanian yang ada di Konawe membuat pihaknya kepincut seperti penggunaan hand traktor menggunakan remote control.

Baca juga: Industri Perkebunan Gandeng Polda Jatim Jaga Aset Perusahaan

Olehnya itu, ia menilai pengembangan sektor pertanian di Konawe cukup luar biasa dan bakal di bawa pulang untuk diaplikasikan di Minahasa Tenggara.

Youke Legi mengungkapkan, alasan kunjungan kerja ke Konawe kali ini karena Minahasa Tenggara menyerupai dengan Konawe jika dilihat dari potensi daerah yang dimiliki. Dimana kedua daerah ini mengandalkan sektor pertanian, pertambangan, UMKM, pariwisata.

"Sektor pariwisatanya, Kita juga telah mengunjungi pulau Bokori yang sangat indah. Termasuk sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pertambangan dan pariwisata di Konawe, semua luar biasa," imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara menjelaskan, pertemuan dengan rombongan pemkab Minahasa Tenggara ini membahas berbagai instrumen kebijakan di dua daerah yang berbeda provinsi tersebut. Beberapa hal pokok menarik dibahas dalam lawatan silaturahmi itu.

"Jadi kita bisa saling mengisi dan menguatkan. Kita juga tertarik dan bakal mengadopsi beberapa hal dari Pemkab Minahasa Tenggara. Salah satunya, sistem digitalisasi di pemerintahan setempat. Sebab kita tak bisa pungkiri, era kita sekarang sudah masuk era digital," tutup Gusli. (B)

Reporter: Muh. Surya Putra

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga