Pesisir Wameo Baubau Kembali Porak-poranda Diterjang Badai

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Minggu, 25 Desember 2022
0 dilihat
Pesisir Wameo Baubau Kembali Porak-poranda Diterjang Badai
Nampak daerah pesisir Pantai Wameo porak-poranda diterjang badai pada Sabtu (24/12/2022) malam. Foto: Iradat Kurniawan/Telisik

" Nampak sejumlah warung makan yang berada di pesisir pantai luluh lantak akibat angin kencang dan ombak besar disertai hujan deras yang melanda kawasan tersebut "

BAUBAU, TELISIK.ID - Daerah pesisir Kelurahan Wameo, Kota Baubau, kembali diterjang badai pada Sabtu (24/12/2022) malam.

Dari pantauan Telisik.id di salah satu kawasan terparah akibat kejadian tersebut yaitu di kawasan pesisir pantai Pasar Wameo. Nampak sejumlah warung makan yang berada di pesisir pantai luluh lantak akibat angin kencang dan ombak besar disertai hujan deras yang melanda kawasan tersebut.

Selain itu, akibat cuaca ekstrem tersebut, kawasan pesisir Wameo sempat terendam banjir rob akibat air pasang laut serta terjangan ombak.

Mama Ardan, salah satu pemilik warung makan yang porak-poranda akibat kejadian tersebut mengatakan, kejadian itu merupakan yang kedua kalinya. Warungnya hancur akibat terjangan badai dan ombak besar.

Dan puncak kejadiannya sekitar pukul 2 dini hari tadi. Peristiwa kali ini adalah yang terparah setelah beberapa bulan lalu juga sempat terjadi hal yang sama.

Baca Juga: Pendaftaran PPS di Muna Diperpanjang

Mama Ardan mengatakan, untung saja sebagian barang-barang yang ada di warungnya telah ia ungsikan sebelum puncak kejadian itu.

Sedangkan kondisi dari warung makannya sendiri tidak bisa terpakai lagi karena hancur akibat diterjang badai.

Laode Darussalam, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau yang turun langsung meninjau tempat kejadian mengatakan, peristiwa tersebut adalah yang terparah karena kejadiannya di malam hari.

Baca Juga: Angin Kencang Rusak Sejumlah Rumah Warga di Kolaka Timur

"Data dari BPBD bahwa hal tersebut sama seperti kejadian pada bulan Februari 2022 yang lalu, namun lebih parah dan sebagian dari pemilik bangunan tidak sempat menyelamatkan barang-barang mereka," tutur Laode Darussalam, Minggu (25/12/2022).

Laode Darussalam mengaku belum bisa secara langsung mendata daerah mana saja yang terdampak akibat terjangan badai tersebut.

Namun karena gelombang tinggi masih akan terjadi dan kemungkinan makin parah, maka perlu diwaspadai khususnya masyarakat yang bermukim di daerah pesisir pantai. (B)

Penulis: Iradat Kurniawan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga