Pesta Adat Pekande-kandea Bakal Meriahkan Haroana Baubau

Elfinasari, telisik indonesia
Kamis, 12 Oktober 2023
0 dilihat
Pesta Adat Pekande-kandea Bakal Meriahkan Haroana Baubau
Pesta adat pekande-kandea bakal semarakkan Haroana Baubau, 17 Oktober 2023 memdatang. Foto: Ist.

" Dalam menyemarakkan perayaan Haroana Baubau dan sebagai bentuk penghormatan terhadap warisan budaya sehingga diadakan tradisi Pekande-kandea. Dijadwalkan akan berlangsung pada Selasa, 17 Oktober 2023, di lapangan upacara Kantor Wali Kota Baubau "

BAUBAU, TELISIK.ID - Dalam menyemarakkan perayaan Haroana Baubau dan sebagai bentuk penghormatan terhadap warisan budaya sehingga diadakan tradisi Pekande-kandea. Dijadwalkan akan berlangsung pada Selasa, 17 Oktober 2023, di lapangan upacara Kantor Wali Kota Baubau, Kamis (12/10/2023).

Kali ini Pemerintah Kota Baubau, menggelar tradisi Pekande-kandea untuk menjamu tamu dalam perayaan HUT ke-482 Kota Baubau.

Dikutip dari Wikipedia.org, Pekande-kandea adalah tradisi asli budaya Buton berupa pesta adat makan bersama yang bertujuan untuk menyambut tamu.

Baca Juga: Wisata Puncak Triodahi Konda Konawe Selatan Suguhkan Keindahan Alam

Tradisi Pakande-kandea juga dilaksanakan oleh etnis Cia-Cia, Muna (Pancana), dan Wolio, dengan penamaan dengan bahasa etnisnya masing-masing, misalnya etnis Muna (Pancana) menyebut kafoma-foma’a, etnis Cia-Cia menyebut maataa, dan etnis Wolio menyebut peka kande-kandea.

Tanggung jawab besar diberikan kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) dan Dinas Sosial Kota Baubau untuk menjamin suksesnya acara tradisi Pekande-kandea.

Kepala Dinas Sosial, Hanarudin menuturkan sebagai bagian dari tradisi, akan ada sekitar 115 talang yang disiapkan khusus untuk para tamu undangan.

"Harapan saya semoga dengan terlaksananya seluruh rangkain kegiatan HUT Kota Baubau, khususnya pekande-kandea dapat meningkatkan rasa kebersamaan seluruh warga Kota Baubau dalam mewujud masyarakat yang sejahtera, aman, rukun dalam keragaman," tuturnya.

Baca Juga: Danau Biru Surga Tersembunyi di Kolaka Utara, Tak Kalah Indah dari Green Canyon

Kepala Dinas DP3A Kota Baubau, Abdul Rahman menuturkan, dalam kerjasama erat dengan Dinas Sosial, kami telah merencanakan serangkaian acara agar berlangsung lancar. Pihaknya berharap, tidak hanya warga Baubau tetapi juga tamu dari luar kota dapat merasakan keunikan dari tradisi itu.

"Kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para tamu, dan ini merupakan bentuk apresiasi kita terhadap tradisi dan sekaligus sebagai jembatan menghubungkan masa lalu dengan masa kini," tuturnya.

Pekande-kandea bukan hanya sekadar tradisi, namun melambangkan semangat kebersamaan dan kesatuan masyarakat dalam berkontribusi membangun Kota Baubau. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga