Pilpres Amerika, Trump Siapkan Pesta Kemenangan Biden Lebih Hati-hati

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Selasa, 03 November 2020
0 dilihat
Pilpres Amerika, Trump Siapkan Pesta Kemenangan Biden Lebih Hati-hati
Calon Presiden Amerika, Serikat, Donal Trump dan Joe Biden. Foto: Rerpo google.com

" Kita sudah menunggu dalam jangka waktu lama setelah pemilu. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kabarnya Presiden Donald Trump sudah menyiapkan pesta kemenangan di East Room, Gedung Putih.

Pesta itu, bakal dihadiri para penasihat politik dan koleganya sebanyak 400 orang.

Dilansir Sindonews.com, mulanya acara tersebut digelar di Trump Hotel, Washington. Namun, dikarenakan melanggar peraturan distrik perkumpulan lebih dari 50 orang, maka acara tersebut berpindah ke Gedung Putih.

Pertemuan di dalam ruangan itu memicu pertanyaan mengenai keselamatan karena pada acara pengumuman nominasi hakim agung Amy Coney Barrett juga menyebabkan banyak orang terinfeksi COVID-19.

Trump juga mengatakan kepada para pendukungnya bahwa dia akan mengumumkan kemenangan pada Selasa malam waktu setempat jika dia dinyatakan memimpin hasil penghitungan suara, meskipun hasil resmi belum diumumkan. Hal itu dilaporkan Axios dari tiga sumber yang dekat dengan Trump.

Trump juga sudah membicarakan skenario dengan detail sejak beberapa pekan lalu dan menggambarkan bagaimana dia berjalan di podium dan mendeklarasikan kemenangan pada malam pemilu.

Beberapa negara bagian tidak mengizinkan penghitungan surat suara hingga hari pemilu.

Namun, beberapa negara bagian menerima surat suara setelah tanggal 3 November. Dengan begitu, hasil surat suara bisa saja terlambat diumumkan.

Kubu kampanye Trump telah menyatakan keraguan terhadap hasil pemilu jika surat suara tiba setelah hari pemilu.

Penasihat Trump, Jason Miller, menyatakan jika hasil berubah setelah pemilu, itu jadi bukti bahwa Demokrat mencuri pemilu.

Trump sendiri mengatakan malam setelah pemilu merupakan hari yang mengerikan.

“Kita sudah menunggu dalam jangka waktu lama setelah pemilu,” katanya.

Baca juga: Ini Jadwal Pilpres Amerika Serikat dan Perkiraan Hasilnya, 97 Juta Sudah Memilih

Rencana perayaan kemenangan Trump dikritik keras Joe Biden, calon presiden dari Partai Demokrat.

“Presiden (Trump) tidak akan mencuri pemilu ini,” katanya.

Para pendukung Biden mengaku tetap optimistis, meskipun tidak ingin terlalu percaya diri. Itu dikarenakan drama pada pemilu 2016. Mereka juga selalu dibayangi hantu yang mengkhawatirkan.

“Saya selalu merasa dipingpong antara optimisme kering dan hati-hati,” kata Zac Petkanas, pakar strategi Partai Demokrat, yang pernah bekerja untuk tim kampanye pemilu Hillary Clinton.

Para politikus Partai Demokrat mengaku terlalu percaya diri pada pemilu 2016. Mereka harus membayar mahal untuk hal itu. Namun, saat ini kebalikannya.

Mereka membangun posisi yang lebih baik, tapi loyalis dan pejabat partai tetap menjaga harapan dan tidak panik dengan beragam peringatan.

“Melihat setiap momen, saya dihantui ketakutan jika segala sesuatu bisa terjadi seperti 2016,” kata Petkanas dilansir NBC.

Perbedaan dengan 2016, menurut dia, pemilu 2020 tetap optimistis hati-hati karena analisis objektif menunjukkan dukungan terhadap Biden sangat kuat karena kegagalan Trump.

Jajak pendapat NBC menunjukkan Biden memimpin di atas Trump mencapai 8 poin.

Itu menunjukkan Biden lebih unggul dibandingkan dengan Clinton pada malam pemilu 2016.

Biden juga dinyatakan memiliki performa kuat di Pennsylvania, Michigan, dan Wisconsin, tiga negara bagian yang menjadi pusat pertarungan.

Baik Trump maupun Biden terus menggencarkan kampanye di tiga negara bagian penting tersebut.

Baca juga: Taylor Swift Dukung Joe Biden di Pemilu Amerika Serikat 2020

Trump memulai kunjungan ke lima negara bagian di Michigan, negara bagian yang pernah dimenangkannya dengan selisih 11.000 suara pada 2016, ketika bersaing dengan Hillary Clinton.

Trump akan tampil dua kali lagi di Michigan pada Senin (2/11/2020), termasuk berkampanye pada malam hari di Grand Rapids yang didominasi konservatif.

Berbagai jajak pendapat terbaru memperlihatkan Biden unggul dari Trump di Michigan dan Wisconsin dan unggul sedikit di Pennsylvania.

Ketiganya adalah negara bagian yang secara tradisional Demokrat yang pernah dimenangkan Trump dengan selisih tipis empat tahun lalu. Namun, Biden berusaha merebut ketiga negara bagian itu.

Ketiga negara bagian itu penting karena apabila Biden memenangkan ketiganya dan seluruh negara bagian lain yang pernah dimenangkan Clinton pada 2016, dia akan keluar sebagai pemenang pilpres.

Saat ini, berbagai jajak pendapat menunjukkan Biden unggul di seluruh negara bagian yang pernah dimenangkan Clinton. Situasi ini menyulitkan Trump untuk memenangkan jabatan kedua.

Trump maupun Biden sering mengunjungi ketiga negara bagian itu. Trump mengadakan empat acara kampanye di Pennsylvania pada Sabtu (31/10/2020).

Sementara Biden menghadiri dua acara kampanye pada Minggu (1/11/2020) di kota terbesar di negara bagian itu, Philadelphia, yang didominasi Demokrat.

Kekuatan Trump di Pennsylvania terkonsentrasi di wilayah yang lebih konservatif, pedesaan, dan kota-kota lebih kecil.

Setelah singgah di Michigan, Trump berkampanye di negara bagian lain yang diperebutkan, yaitu Lowa.

Di negara bagian ini, sebuah jajak pendapat terbaru memperlihatkan presiden unggul dari Biden. Juga pada Minggu (1/11/2020), Trump mengunjungi negara bagian North Carolina, Georgia, dan Florida.

Ketiga negara bagian itu pernah dimenangkan Trump pada 2016 dan kemungkinan besar akan memainkan peranan penting dalam menentukan hasil pemilu pada Selasa (3/11/2020). (C)

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Fitra Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga