Pisah Sambut Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Siapkan Gebrakan Baru Perbaiki Tata Kelola Pemerintahan

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 09 September 2023
0 dilihat
Pisah Sambut Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Siapkan Gebrakan Baru Perbaiki Tata Kelola Pemerintahan
Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto saat membawakan sambutan di acara pisah sambut. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto, siap dengan gebrakan baru dalam memperbaiki tata kelola pemerintahan di Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID – Menyambut awal kepemimpinan sebagai Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto mengundang segenap pejabat pimpinan lingkup provinsi dalam gelaran ramah tamah dan pisah sambut dengan mantan Gubernur dan Wakil Gubernur, Ali Mazi dan Lukman Abunawas, Jumat (8/9/2023) malam.

Acara dimulai pukul 19.30 Wita di rumah jabatan gubernur. Di jam tersebut, para tamu undangan terlihat sudah mulai berdatangan. Tampak puluhan mobil pelat merah terparkir memenuhi halaman depan rujab. Tak hanya pejabat lingkup provinsi, pemimpin daerah dari 17 kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara pun hadir.

Mereka berkumpul di Aula Serbaguna dan duduk di kursi-kursi yang telah disediakan. Sebelum acara dimulai, tamu undangan yang hadir terlebih dahulu menyantap makan malam. Layaknya pesta besar-besaran, berbagai makanan dengan jumlah yang melimpah tersedia di sana.

Acara baru dimulai sekira pukul 20.30 Wita, dibuka dengan sambutan Ketua DPRD Sulawesi Tenggara, Abdurrahman Shaleh. Pentolan Partai Amanat Nasional (PAN) itu sempat berguyon, para kepala dinas yang datang lengkap dan tepat waktu karena takut di-nonjob oleh Pj gubernur.

Satu hal yang ia tekankan untuk diselesaikan Andap adalah mengenai angka kemiskinan di Sulawesi Tenggara yang tinggi, sekarang mencapai 11,43 persen, naik 0,6 persen dibanding tahun sebelumnya.

Baca Juga: Sertijab Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi Minta Pj Lanjutkan Pembangunan Kantor Gubernur

Pasangan Gubernur Sulawesi Tenggara periode 2018-2023, Ali Mazi dan Lukman Abunawas juga maju ke panggung menyampaikan sambutan terakhir. Dalam sambutannya, Ali Mazi berpesan agar Andap dapat menyelesaikan persoalan tambang di Bumi Anoa.

Seperti diketahui, saat ini pengurusan perizinan tambang sudah tak dipegang pemerintah kabupaten/kota ataupun provinsi, melainkan langsung di pusat. Ali Mazi minta Andap dengan berbagai relasinya di pemerintah pusat untuk dapat mengusulkan kewenangan pertambangan dapat dikembalikan di daerah.

“Agar apabila kita laksanakan pekerjaan tambang harus diawali dengan RKAB (Rencana Kerja Anggaran Biaya),” jelasnya.

Ia berkeluh, selama ini dirinya hanya seperti penjaga gerbang untuk pertambangan. Padahal menurutnya, tambang adalah anugerah kekayaan alam untuk masyarakat Sulawesi Tenggara yang seharusnya dapat dikelola dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat daerah.

Ali Mazi juga sempat berkampanye dan menyatakan dirinya akan maju sebagai calon anggota DPR RI pada Pemilu 2024 mendatang.

Baca Juga: Andap Budhi Revianto Sebut Netralisasi PNS Ada Aturannya

Berbeda dengan Ali Mazi, Lukman Abunawas hanya tampak diam dan mendengarkan pidato Ali Mazi yang berada di sampingnya.

Saat Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto naik ke panggung hendak memberi sambutan, ia sempat mempersilakan Lukman untuk berbicara sepatah kata, Lukman hanya tersenyum menolak sambil menyatukan telapak tangannya.

Dalam sambutannya, Andap mengaku membawa beberapa biro dari Kemenkumham, tempat dulunya bekerja, siap dengan gebrakan baru dalam memperbaiki tata kelola pemerintahan di Sulawesi Tenggara. (A)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga