Pj Bupati Bombana Tinjau Lokasi Pembangunan RS di Kabaena

Melsandy Wauda, telisik indonesia
Minggu, 18 Februari 2024
0 dilihat
Pj Bupati Bombana Tinjau Lokasi Pembangunan RS di Kabaena
Pj Bupati Bombana Edy Suharmanto, meninjau lokasi pembangunan Rumah Sakit Pratama di Desa Baliara, Kecamatan Kabaena Barat. Foto: Ist.

" Untuk memudahkan masyarakat Kabaena menikmati fasilitas kesehatan, Pemda Bombana membangun rumah sakit di Desa Baliara, Kecamatan Kabaena Barat "

BOMBANA, TELISIK.ID - Untuk memudahkan masyarakat Kabaena mengakses fasilitas kesehatan, Pemda Bombana membangun rumah sakit di Desa Baliara, Kecamatan Kabaena Barat. Pj Bupati Bombana meninjau lokasi pembangunan rumah sakit itu, Sabtu (17/2/2024).

Rumah sakit ini dibangun karena sulitnya akses dari Kabaena menuju Rumah Sakit Tanduale di Kasipute, dan pihak puskesmas kesulitan bila harus merujuk pasien dalam kondisi cuaca yang buruk.

"Masyarakat yang dirujuk itu kadang ada yang sudah melahirkan di jalan, bahkan ada pasien rujukan tapi tidak sampai di rumah sakit," tutur Kadis Kesehatan Bombana, Darwin.

Oleh karena itu, Pj Bupati Bombana Edy Suharmanto segera menganggarkan pembangunan Rumah Sakit Pratama yang akan dibangun di Kabaena, tepatnya di Desa Baliara, Kecamatan Kabaena Barat.

Baca Juga: Asosiasi Pemdes di Bombana Fasilitasi Orang Sakit dan Lansia Bisa Nyoblos di Pemilu 2024

Lokasi pembangunan Rumah Sakit Tipe D ini kurang lebih seluas 3 hektare. Dengan anggaran sekitar Rp 2 miliar, pembangunan rumah sakit ini akan dibangun selama 4 hingga 6 bulan dan ditargetkan bisa selesai tahun ini.

Proses pelelangan sampai penetapan pemenang tender rencana akan selesai dalam kurun waktu 1 bulan.

"Siapapun yang menang tender akan mengerjakan pembangunan rumah sakit ini," tegas Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto.

Menurut Kadis Kesehatan Kabupaten Bombana, fasilitas sudah mendukung dan memenuhi syarat untuk pembangunan rumah sakit tipe D.

Baca Juga: KPU dan Pemba Bombana Kawal Distribusi Logistik Pemilu hingga Pelosok

Untuk kelengkapan rumah sakit tipe D, Kadis Kesehatan Bombana, Darwin menerangkan bahwa pembangunan pertama adalah gedung yang memiliki kapasitas tampung sebanyak 40 bed serta 1 ruangan operasi yang memiliki 2 bed.

"Paling tidak fasilitas untuk syarat pembangunan rumah sakit tipe D sudah terpenuhi," tandas Kadis Kesehatan, Darwin.

Kadis Kesehatan sangat berterima kasih dengan perhatian Pemda Bombana yang telah mendengar aspirasi serta memberikan respons yang cepat dalam pemenuhan kebutuhan fasilitas kesehatan masyarakat.

"Saya sangat berterima kasih kepada Bapak Pj Bupati Bombana yang mewujudkan kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat Kabaena, serta Pak Sekda yang telah menganggarkan pembangunan ruangan operasi," tutup Kadis Kesehatan, Darwin. (B-Adv)

Penulis: Melsandy Wauda

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga