Pj Bupati Konawe Lantik Pengurus Dekranasda

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 02 November 2023
0 dilihat
Pj Bupati Konawe Lantik Pengurus Dekranasda
Pj Bupati Konawe saat melantik pengurus Dekranasda periode 2023-2024. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Pj Bupati Konawe resmi melantik Trinop Tijasari Harmin sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) periode 2023-2024 "

KONAWE, TELISIK.ID - Pj Bupati Konawe resmi melantik Trinop Tijasari Harmin sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) periode 2023-2024, Kamis (2/11/2023). Pelantikan tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Konawe, jajaran OPD serta seluruh pengurus Dekranasda periode 2023-2024.

Ketua Dekranasda Konawe, Trinop Tijasari Harmin mengatakan, pengurus Dekranasda yang baru semoga dapat memajukan dan mengembangkan program kerja yang lebih terukur.

Trinop menambahkan  sesuai dengan tujuan Dekranasda, menggali, mengembangkan, dan melestarikan warisan budaya bangsa dan membina pengrajin.

Lanjut Trinop, pihaknya berharap agar Dekranasda dapat menjadi wadah para pengrajin untuk mengembangkan keterampilan dan manjadi sumber peningkatan kesejahteraan pengrajin.

"Serta dapat mempromosikan dan memasarkan produk hasil pengrajin," tambahnya.

Baca Juga: Ketua Dekranasda Konawe Bakal Bentuk Kampung Tenun Ameroro

Selain itu, lanjut Trinop, dapat memfasilitasi pengrajin untuk dapat perlindungan hukum dan hak kekayaan intelektual berupa hak cipta, dan merek paten.

Trinop melaporkan, pihaknya bakal membangun kampung tenun di Ameroro serta meminta dukungan kepada pihak Pemerintah Daerah Konawe dan DPRD.

"Kami juga akan mengikuti Indonesia Fashion Week di Jakarta," ungkapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Konawe Harmin Ramba meminta Dekranasda memiliki kontribusi besar terhadap pendapatan daerah. Harmin mengaku sepakat dengan akan diadakannya kampung tenun di Ameroro.

"Itu jangan hanya wacana, pemerintah mau apa disitu kalau perlu bikin gerai untuk menampung hasil dari para pengrajin," jelasnya.

Baca Juga: Dekranasda Kolaka Timur Siap Bangun Industri Kerajinan dan Budaya Berdaya Saing

Lanjut Harmin, agar kemampuan yang dimiliki oleh pengurus Dekranasda dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk meningkatkan kualitas organisasi sebagaimana visi misi dan tujuan.

Harmin berharap di tangan pengurus periode ini, Dekranasda Kabupaten Konawe agar dapat lebih maju relevan, seiring dengan tuntutan zaman serta mampu membaca kondisi dan kebutuhan rill di lapangan.

"Jika sekiranya kondisi hari ini produk para pengrajin kita tidak mampu bersaing di pasaran, maka Dekranasda diharapkan dapat menjadi fasiliitator dalam segala hal untuk peningkatan kualitas produk mereka mulai dari edukasi hingga menciptakan pasar buat mereka," pungkasnya. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga