Kapal Bermuatan Ikan Mati Mesin di Perairan Wakatobi, Basarnas Lakukan Evakuasi

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Rabu, 02 Maret 2022
0 dilihat
Kapal Bermuatan Ikan Mati Mesin di Perairan Wakatobi, Basarnas Lakukan Evakuasi
Tim Rescue Pos SAR Wakatobi menuju lokasi KM Sumber Baru yang alami mati mesin untuk mengevakuasi korban. Foto: Ist

" Tim Rescue Pos SAR Wakatobi diberangkatkan menuju LKP dengan menggunakan RIB untuk memberikan bantuan SAR "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Musibah di perairan Wakatobi kembali terjadi, Rabu (2/3/2022) sekitar pukul 16.30 Wita, sebuah kapal telah mati mesin.

Berdasarkan informasi lebih lanjut, ada pun kapal yang alami mati mesin tersebut adalah KM Sumber Baru 03 GT 06. Kapal itu berlayar dengan muatan ikan serta 4 anak buah kapal (ABK).

“Berdasarkan laporan tersebut pada pukul 19.10 Wita, Tim Rescue Pos SAR Wakatobi diberangkatkan menuju LKP dengan menggunakan RIB untuk memberikan bantuan SAR. Jarak tempuh LKP dengan Pos SAR Wakatobi sekitar 16 NM dengan tinggi gelombang 1-1,5 meter serta kecepatan angin 7-18 knot arah timur laut,” ungkap Dan Pos Sar Wakatobi, Laode Muhtasyam.

Informasi terkait kecelakaan pelayaran itu disampaikan oleh keluarga korban bernama Iwan, kepada pihak Kantor Comm Centre KPP Pencarian dan Pertolongan SAR Kendari.

Baca Juga: Speed Boat di Wakatobi Terbakar Saat Isi BBM, 1 Orang Alami Luka Bakar

Baca Juga: Kurang Kesadaran Pengunjung, Pesona Pantai Pajala Mubar Dikotori Sampah

“Jadi kronologi bermula, pada pukul 08.00 Wita, KM Rahmat Baru 03 GT 06 dengan 4 orang person On Board berangkat dari Tomia menuju Malaoge bermuatan ikan, pada pukul 17.50 Wita, kapal mengalami kerusakan mesin pada baling-baling yang patah,” jelasnya.

Selanjutnya, pada saat itu salah seorang dari ABK menghubungi keluarga yang berada di Wanci untuk meneruskan informasi ke pihak Basarnas.

"Sehingga dilakukan bantuan SAR, untuk sementara ini masih dalam proses menuju lokasi untuk dilakukan tindakan evakuasi, perkembangan selanjutnya nanti diberitahukan,” tutupnya. (C)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga