Pj Bupati Muna Barat Sebut Bantuan Bibit Jagung dari Kementan

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 24 Mei 2023
0 dilihat
Pj Bupati Muna Barat Sebut Bantuan Bibit Jagung dari Kementan
Pj Bupati Muna Barat, Bahri menyerahkan bibit jagung pada petani. Foto: Ist.

" Bibit jagung kuning yang dibagikan Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri ke petani mendapat sorotan. Pasalnya, bibit jagung jenis AR-29 itu dinilai tidak berkualitas "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Bibit jagung kuning yang dibagikan Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri ke petani mendapat sorotan. Pasalnya, bibit jagung jenis AR-29 itu dinilai tidak berkualitas.

Bahri pun menyebut, bibit jagung itu bukan berasal dari pemerintah kabupaten (pemkab). Namun, bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) untuk disalurkan ke petani yang membutuhkan.

"Bibit itu bukan bersumber dari APBD, tetapi dari Kementan. Namanya bantuan, kita harus salurkan," kata Bahri, Rabu (25/5/2023).

Baca Juga: Polemik Dua Cakades Terpilih, Kadis PMD Muna Pelajari Surat Kemendagri

Direktur Perencanaan Keuangan Daerah, Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) itu menerangkan, sejak Muna Barat terbentuk, pemkab belum pernah sama sekali mengadakan bibit jagung menggunakan APBD.

"Bibit yang diberikan ke petani selama ini merupakan bantuan dari pusat," sebutnya.

Penyaluran bibit jagung yang dia lakukan, atas permintaan dari petani dalam rangka penanganan inflasi. Nah, ke depan, pemkab akan mengadakan bibit jagung jenis BISI 2 yang anggarannya melalui biaya tak terduga (BTT).

"Bibit yang kita bagikan atas permintaan petani di Desa Marobea dalam rangka penanganan inflasi, tanam cepat, panen cepat," timpalnya.

Sementara itu, Kadis Pertanian Muna Barat, Nestor Jono membenarkan bila bibit jagung yang ada saat ini berasal dari Kementan. Bibit-bibit itu, jenisnya sama semua dengan yang diberikan pada daerah-daerah lain.

"Jadi bibit itu, bukan dari pemkab, karena tidak pernah kita dianggarkan di APBD," ungkapnya.

Baca Juga: Penyaluran Bantuan CPP Tahap 1 Kepada 22.550 KPM Tuntas

Untuk bibit jagung BISI 2, pihaknya terakhir mendapatkan bantuan dari Kementan tahun 2019. Setelah itu, tahun 2020 sampai saat ini, tidak lagi. Karena, pengadaan jenis bibit jagung BISI 2 di Kementan sudah tidak masuk dalam e-katalog.

"Insya Allah, tahun ini, Pj bupati akan mengalokasikan anggaran melalui BTT untuk pengadaan bibit jagung BISI 2," tandasnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga