Penyaluran Bantuan CPP Tahap 1 Kepada 22.550 KPM Tuntas

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 24 Mei 2023
0 dilihat
Penyaluran Bantuan CPP Tahap 1 Kepada 22.550 KPM Tuntas
Penyaluran bantuan cadangan pangan pemerintah tahap pertama telah tersalurkan. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Penyaluran bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) tahap pertama kepada 22.550 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Konawe telah tersalurkan "

KONAWE, TELISIK.ID - Penyaluran bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) tahap pertama kepada 22.550 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Konawe telah tersalurkan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas (Kadis) Ketahanan Pangan Konawe, Abdul Hasim. Dia mengatakan, pada penyaluran tahap pertama launching awal dilakukan oleh Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa pada 13 April 2023 lalu di Kantor Camat Pondidaha.

“Alhamdulillah, untuk tahap pertama penyaluran bantuan CPP di Konawe sudah selesai,” katanya.

Lebih lanjut, kata Hasim, bantuan yang digulirkan tersebut akan dilaksanakan selama tiga tahap, setelah penyaluran tahap pertama selesai. Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe akan kembali menyalurkan bantuan serupa tahap kedua.

“InsyaAllah untuk tahap kedua, kita usahakan penyalurannya selesai sebelum Idul Adha,” jelasnya.

Baca Juga: Bantuan Pangan Beras Mulai Disalurkan di Kendari

Hasim menambahkan, dari 28 kecamatan di Konawe, ada dua kecamatan pengecualian atau yang menerima bantuan CPP langsung tiga bulan, yaitu Kecamatan Latoma dan Kecamatan Routa.

“Jadi 2 kecamatan ini jadi prioritas, langsung dikirimkan untuk tiga bulan sekaligus, karena faktor jarak dan kondisi jalan,” pungkasnya.

Diketahui, jumlah beras yang disalurkan ke KPM secara keseluruhan sebanyak 225.500 kg. Setiap KPM akan menerima bantuan beras sebesar 10 kg selama tiga bulan terhitung April hingga Juni.

Pimpinan Perum Bulog Cabang Konawe, Muh. Abdan Djarmin menuturkan, kegiatan penyaluran cadangan pangan ini merupakan program dari pemerintah pusat yang dilakukan serentak.

"Total penyaluran beras hari ini ada 225.500 kg," ujarnya.

Ia menambahkan, beras yang disaluran merupakan beras murni hasil dari para petani yang ada di Kabupaten Konawe.

Sementara itu Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengatakan, kegiatan bantuan penyaluran pangan merupakan kerja sama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe dengan Bulog Unahaa sebagai penyedia beras dan PT. Pos Indonesia sebagai transporter.

Kery menuturkan, setiap KPM akan memperoleh bantuan pangan jenis beras 10 kg setiap bulan selama 3 bulan terhitung mulai April-Juni 2023.

Baca Juga: Ratusan Warga Konawe Utara Dapat Bantuan Beras

KSK menjelaskan, saat ini Kabupaten Konawe menjadi lumbung beras di Provinsi Sulawesi Tenggara.

"Saat ini kita sudah melakukan kerja sama dengan Kabupaten Muna Barat untuk mensuplai kebutuhan beras di sana," tambahnya.

Ia berharap agar pembagian beras ini tidak ada lagi yang dipotong-potong dan harus tepat sasaran kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan.  (A-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga