Pj Gubernur Sulawesi Tenggara jadi Irup Peringatan HKN ke-59, Berikan Pengghargaan Nakes Berprestasi

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Rabu, 13 Desember 2023
0 dilihat
Pj Gubernur Sulawesi Tenggara jadi Irup Peringatan HKN ke-59, Berikan Pengghargaan Nakes Berprestasi
Pj Gubernur Sulawesi Tenggara saat jadi Irup di Upacara HKN ke-59. Foto: Biro Adpim Sulawesi Tenggara

" Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto jadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 dan Hari Guru Nasional Tahun 2023 tingkat Sulawesi Tenggara yang diadakan di Halaman Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto jadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 dan Hari Guru Nasional Tahun 2023 tingkat Sulawesi Tenggara yang diadakan di Halaman Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara, Sabtu (25/11/2023).

Dalam kegiatan tersebut, Pj Gubernur Sulawesi Tenggara memberikan penghargaan kepada tenaga kesehatan (nakes) teladan tingkat nasional yaitu Syarif Nur, Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit (RS) H.M Djafar Harum dari Kab. Kolaka Utara, dan Dahri, BLUD RS H.M DJafar Harun dari Kabupaten Kolaka Utara.

Selanjutnya penghargaan nakes tingkat provinsi kepada Yuliana Damis, dari Puskesmas Palangga, Kabupaten Konawe Selatan, Lusianty, dari Puskesmas Kolaka, dan Dita Anisya Keswara, dari Puskesmas Watubangga, Kolaka. Kemudian dilanjutkan dengan penghargaan nakes Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara yang telah purna bakti tahun 2023 yaitu Muh Ilyas, Fransiskus Woda dan Nuru.

Dalam upacara tersebut juga, Pj Gubernur Sulawesi Tenggara membacakan sambutan dari Menteri Kesehatan RI, yang mana dalam isinya berfokus pada bagaimana para nakes mempersiapkan diri menghadapi bonus demografi 2045 yang merupakan suatu kesempatan yang hanya terjadi dalam suatu peradaban.

Baca Juga: Penutupan HKN ke-59, Kepala Dinkes Sulawesi Tenggara Ajak Nakes Berinovasi

Selain membacakan sambutan Menteri Kesehatan, Andap juga membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, lalu melanjutkan memberikan arahan kepada Sekda dan Kepala Dinas Kesehatan untuk menindak lanjut arahan dari Menteri tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara, Usnia saat memberikan sambutan di Gala Dinner HKN ke-59. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

 

“Sekda dan Kepala Dinas Kesehatan segera mengeksekusi dan menindaklanjuti arahan yang sudah jelas,” paparnya tegas.

Di kesempatan yang berbeda, Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara, Usnia mengajak nakes untuk terus berinovasi sebagaimana bentuk dari tema HKN ke-59 “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju".

Baca Juga: Dinkes Sulawesi Tenggara Meriahkan HKN ke-59, Kolaka Timur Juara Favorit

“Melalui tema tersebut, tenaga kesehatan dituntut untuk terus berinovasi, menghadirkan berbagai inovasi-inovasi terbaru di dunia kesehatan untuk mendukung Indonesia maju,” jelasnya saat memberikan sambutan di gala dinner HKN ke-59.

Sementara itu, menurut pemaparan Ketua Panitia HKN ke-59, Didin Rohidin, penyelenggaraan HKN adalah sebuah peringatan kepada para tenaga kesehatan yang telah berjuang selama setahun untuk membantu menyehatkan masyarakat.

Lebih lanjut, Didin bercerita tentang sejarah HKN pertama kali pada 12 November 1959, saat para tenaga kesehatan saat itu berhasil memberantas wabah malaria yang menyerang Indonesia saat itu.

“Kembali mengingat sejarah HKN pertama kali, saat Indonesia berhasil bebas dari wabah malaria yang menyerang saat itu,” paparnya saat gala dinner HKN ke-59. (A-Adv)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga