Penutupan HKN ke-59, Kepala Dinkes Sulawesi Tenggara Ajak Nakes Berinovasi

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Senin, 11 Desember 2023
0 dilihat
Penutupan HKN ke-59, Kepala Dinkes Sulawesi Tenggara Ajak Nakes Berinovasi
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara, Usnia saat memberikan sambutannya di penutupan HKN ke-59. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

" Malam penutupan Hari Kesehatan Nasional ke-59, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Tenggara ajak tenaga kesehatan (nakes) untuk berinovasi demi kesehatan Indonesia yang lebih baik "

KENDARI, TELISIK.ID - Malam penutupan Hari Kesehatan Nasional ke-59, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Tenggara ajak tenaga kesehatan (nakes) untuk berinovasi demi kesehatan Indonesia yang lebih baik.

Ajakan tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinkes Sulawesi Tenggara, Usnia dalam sambutannya. Ia juga menjabarkan arti dari tema HKN ke-59 ini yakni "Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju".

Menurut Usnia, makna dari tema tersebut berarti tenaga kesehatan se-Indonesia khususnya Sulawesi Tenggara, harus mampu memberikan inovasi-inovasi baru untuk mendukung Indonesia maju.

Baca Juga: Dinkes Sulawesi Tenggara Meriahkan HKN ke-59, Kolaka Timur Juara Favorit

“Melalui tema tersebut, tenaga kesehatan dituntut untuk terus berinovasi, menghadirkan berbagai inovasi-inovasi terbaru di dunia kesehatan untuk mendukung Indonesia maju,” jelasnya saat memberikan sambutan.

Lebih lanjut, Usnia juga mengapresiasi penyelenggaraan HKN tahun ini yang berlangsung meriah dan memberikan penyampaian kepada para peserta yang hadir untuk mempersiapkan diri apabila nanti ditunjuk menjadi tuan rumah HKN berikutnya.

Dinas Kesehatan Kolaka Timur jadi peserta favorit dalam penyelenggaraan HKN ke-59. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

 

Sementara itu, menurut pemaparan Ketua Panitia HKN ke-59, Didin Rohidin, penyelenggaraan HKN adalah sebuah peringatan kepada para tenaga kesehatan yang telah berjuang selama setahun untuk membantu menyehatkan masyarakat.

Lebih lanjut, Didin bercerita tentang sejarah HKN pertama kali pada 12 November 1959, saat para tenaga kesehatan saat itu berhasil memberantas wabah malaria yang menyerang Indonesia saat itu.

“Kembali mengingat sejarah HKN pertama kali, saat Indonesia berhasil bebas dari wabah malaria yang menyerang saat itu,” paparnya saat gala dinner HKN ke-59.

Dalam penyelenggaraan HKN ke-59 ini, dilaksananakan berbagai lomba menarik dan malam kesenian, yang mana lomba-lomba tersebut diikuti peserta dari 17 Dinkes kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara dan berbagai rumah sakit seperti RSUD Bahteramas, RSU Hati Mulia, RSJPD Oputa Yi Koo dan masih banyak lagi.

Dalam penyelenggaraannya, Dinkes Kolaka Timur keluar sebagai juara favorit setelah melalui berbagai perlombaan selama 4 hari dan melalui berbagai penilaian.

Baca Juga: Semarak ke-59 HKN Percepatan Intergrasi Pelayanan Primer

Selain itu, dalam perayaan ini juga terdapat pemberian penghargaan kepada para tenaga kesehatan yang berprestasi baik di tingkat nasional hingga kabupaten serta pemberian penghargaan kepada tenaga kesehatan yang telah purna bakti yang diberikan langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto.

Salah satu peserta HKN ke-59, La Ode Mahajaya selaku Kepala Dinas Kesehatan Muna Barat, memberikan kesan dan pesannya terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan.

“Kegiatannya menarik, banyak lomba-lomba menarik yang menghibur, meski belum sempurna namun secara keseluruhan acaranya berlangsung meriah,” paparnya saat memberikan kesan dan pesan. (A-Adv)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga