Pj Kades Selalu Ditunjuk, Dewan Minta Desa Kotano Wuna Harus Ikut Pilkades

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 30 November 2021
0 dilihat
Pj Kades Selalu Ditunjuk, Dewan Minta Desa Kotano Wuna Harus Ikut Pilkades
Suasana rapat di DPRD Muna. Foto: Sunaryo/Telisik

" UPT Desa Kotano Wuna, Kecamatan Tongkuno, selama ini mendapat perlakuan istimewah. Pj kepala desanya (Kades) selalu ditunjuk oleh bupati yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) "

MUNA, TELISIK.ID - UPT Desa Kotano Wuna, Kecamatan Tongkuno, selama ini mendapat perlakuan istimewah. Pj kepala desanya (Kades) selalu ditunjuk oleh bupati yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN).

Karena itu, di pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2022 mendatang, DPRD menginginkan Desa Kotano Wuna harus ikut.

"Ini permintaan dari masyarakat. Desa Kotano Wuna harus ikut Pilkades," kata Ketua Fraksi Demokrat DPRD Muna, Awal Jaya Bolombo, Selasa (30/11/2021).

Menurut pria yang kerap disapa AJB itu, sudah terlalu lama desa yang terletak di pusat Kerajaan Wuna itu dijabat oleh Pj kades. Karenanya, harus ada kades defenitif hasil pemilihan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Muna, Rustam mengaku, Desa Kotano Wuna termaksud dalam 124 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak.

Baca Juga: KUA-PPAS Tuntas, APBD Muna 2022 Ditarget Ketok Palu 30 November

Baca Juga: Kerusuhan di Lasalimu, Bupati Buton Minta Diselesaikan dengan Semangat Pomamaasiaka

"Status UPT, telah berubah menjadi desa defenitif. Jadi tetap masuk pada Pilkades serentak," ujarnya.

Tahapan Pilkades serentak akan dimulai awal tahun 2022 mendatang.  Pemilihan dijadwalkan antara bulan Juni-Juli 2022 mendatang. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga