Pj Sekda Bombana Masuk Daftar ODP

Hir Abrianto, telisik indonesia
Kamis, 26 Maret 2020
0 dilihat
Pj Sekda Bombana Masuk Daftar ODP
Pj. Sekda Bombana, Beangga Harianto memastikan kondisi Ruang Isolasi Pasien COVID-19. Foto: Hir/Telisik

" Saya ini bersama istri dan anak menjadi status ODP sepulang dari kampung di Moramo. "

BOMBANA, TELISIK. ID - Pelaksana Jabatan Sekretaris Daerah (PJ. Sekda) Kabupaten Bombana, Beangga Harianto masuk dalam daftar Orang Dalam Pemantauan (ODP) kasus virus Corona.

Usai bertandang di kampung halamannya, di Moramo dan melewati jalur Kendari, Beangga Harianto, yang juga Kepala Biro Kesejahteraan Masyarakat (Kabagkesra) Sultra mengungkapkan bahwa, dirinya bersama istri dan anaknya saat menjadi bagian dari daftar ODP.

"Saya ini bersama istri dan anak menjadi status ODP sepulang dari kampung di Moramo," ujarnya di ruang Rapat DPRD Kab. Bombana pada Kamis (26/3/2020).

Baca Juga : Cegah Penyebaran COVID-19, DPRD Sultra Pasang Area Wajib Disinfektan

Mestinya lanjut Beangga, Orang yang pernah melakukan kunjungan keluar daerah tidak mesti jadi ODP, apalagi bukan pada daerah yang endemik atau positif terpapar wabah Corona.

"Harusnya ada istilah lain selain ODP atau Pra ODP kah, karena dari 271 darftar ODP di Bombana ini tidak ada juga yang sakit," lanjutnya.

Keterangan terpisah, juru bicara Satgas COVID-19 Bombana, Sunandar manuturkan, dalam kasus penanganan virus Corona, sebenarnya tidak mesti menjadi ODP bagi semua orang yang telah bepergian.

Baca Juga : Muna Nihil COVID-19, 36 Orang Terus Diawasi

"Sebenarnya tahapannya adalah, Orang Dengan Resiko bagi orang yang pernah keluar daerah, kemudian masuki kategori Orang Tanpa Gejala atau bersih. Sementara ODP adalah yang memiliki gejala sakit yang mirip, jadi dipantau oleh tim medis," tandasnya.

Jika dilihat berdasarkan peraturan Menteri Kesehatan, lanjut Kadis Kesehatan itu, maka penetapan status ODP di Wilayah Bombana hanya terdapat satu kasus. Hanya saja Satgas COVID-19 bersama Pemerintah Kabupaten Bombana lebih kedepankan kewaspadaan dan  kehati-hatian, sehingga semua orang yang baru pulang dari luar daerah dinyatakan sebagai ODP.

 

Reporter: Hir

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga