Pojok Baca, Layanan Literasi Masyarakat

Affan Safani Adham, telisik indonesia
Selasa, 11 Agustus 2020
0 dilihat
Pojok Baca, Layanan Literasi Masyarakat
Pojok Baca jajaran buku-buku bacaan seperti majalah dan tabloid yang ditata rapi. Foto: Affan Safani Adham/Telisik

" Dan kemampuan membaca membawa terwujudnya masyarakat pembelajar atau Learning Society. "

YOGYAKARTA, TELISIK.ID - Layanan literasi masyarakat melalui Pojok Baca terus dikembangkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta.

Setelah dibuat Pojok Baca Doroti (doa dan iqro di Masjid untuk peningkatan literasi) di Masjid Pangeran Diponegoro komplek Balaikota Yogyakarta, Pojok Baca Camelia (pojok baca di Gereja Mergangsan untuk meningkatkan literasi), kali ini di Klenteng Tjen Ling Kiong atau Klenteng Poncowinatan ada Pojok Baca Cantika (Cintai Membaca di Klenteng Poncowinatan).

Dalam Pojok Baca tersebut, tertata jajaran buku-buku bacaan seperti majalah dan tabloid yang tertata rapi di rak kayu, menjadi penanda perekat keberagaman yang ada.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko menjelaskan, Kota Yogyakarta telah menyandang predikat sebagai kota budaya, kota pendidikan dan juga kota pariwisata.

Predikat tersebut merupakan representasi atas realitas yang ada di Kota Yogyakarta. Representasi atas realitas ini ditunjukkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta melalui upaya peningkatan literasi kepada masyarakat.

Baca juga: Penggerudukan Keluarga Almarhum Habib Segaf Al-Jufri Tuai Kecaman

Menurutnya, proses belajar diawali dengan membaca.

"Dan kemampuan membaca membawa terwujudnya masyarakat pembelajar atau Learning Society," kata Wahyu Hendratmoko, Selasa (11/8/2020).

Katanya, membaca juga dapat dilakukan di mana saja, tanpa batasan tempat dan juga waktu.

"Begitu pula aktivitas berdoa dan belajar dapat seiring sejalan dan saling menguatkan satu sama lain," paparnya.

Dengan adanya pojok baca tersebut dapat memberikan berbagai informasi. Sehingga para pembaca akan terbuka dengan gagasan-gagasan baru.

Harapannya, selain akan lebih memperluas jangkauan, budaya gemar membaca di wilayah Kota Yogyakarta ini juga akan mendukung pembangunan Kota Yogyakarta sebagai Smart City.

Reporter: Affan Safani Adham

Editor: Kardin

Baca Juga