Polda Sulawesi Tenggara Buka Penerimaan SIPSS 2024, Ini Link Daftar dan Syaratnya

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 10 Januari 2024
0 dilihat
Polda Sulawesi Tenggara Buka Penerimaan SIPSS 2024, Ini Link Daftar dan Syaratnya
Kantor Polda Sulawesi Tenggara (kiri) dan brosur penerimaan anggota SIPSS (kanan). Foto: Kolase

" Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) mengumumkan peluang emas bagi para sarjana, magister, hingga doktor dengan membuka penerimaan Siswa Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) tahun 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID - Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) mengumumkan peluang emas bagi para sarjana, magister, hingga doktor dengan membuka penerimaan Siswa Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) tahun 2024.

Hal tersebut disampaikan Kepala Biro SDM Polda Sulawesi Tenggara, Kombes Pol Danang Benny usai menghadiri acara serah terima jabatan Direktur Pengamanan Objek Vital (Dir Pam Obvit) di Aula Dhacara, Rabu (10/1/2024).

Sebanyak 100 orang beruntung akan mendapat kesempatan untuk mendapatkan pendidikan di Akademi Kepolisian Lembaga Pendidikan dan Latihan (Akpol Lemdiklat) Polri, yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Proses pendaftaran SIPSS 2024 dibuka mulai 8 - 16 Januari 2024, sesuai dengan Pengumuman Nomor: Peng/1/I/DIK.2.1./2024.

Baca Juga: Direktur Pengamanan Objek Vital Polda Sulawesi Tenggara Berganti

Untuk mewujudkan impian menjadi Inspektur polisi, para calon pelamar harus memenuhi sejumlah syarat. Mereka diharuskan menjadi warga Negara Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Setia kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menjadi prinsip utama.

Calon pelamar juga diwajibkan berusia paling rendah 18 tahun dan memiliki ijazah minimal Sarjana (S-1). Kesehatan jasmani, rohani, serta bebas narkoba menjadi syarat mutlak dengan melampirkan surat keterangan bebas narkoba dari instansi yang berwenang. Kejujuran, integritas, dan perilaku yang tidak tercela juga menjadi penilaian penting.

Pendaftar harus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan ditugaskan sesuai keahlian atau latar belakang program studi mereka. Selain itu, tinggi badan minimal untuk pria adalah 162 cm, dan untuk wanita adalah 157 cm.

Polda Sulawesi Tenggara membuka pintu lebar untuk beragam program studi, termasuk dokter spesialis, S-2, dan S-1.

Adapun program studi yang diterima melibatkan berbagai disiplin ilmu seperti Psikolog, Hukum, Teknik Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan banyak lagi.

Calon pelamar harus berasal dari perguruan tinggi negeri/swasta dengan program studi yang terakreditasi minimal B atau akreditasi sangat baik. Mereka juga diwajibkan memiliki IPK minimal 3,0, serta melampirkan ijazah yang dilegalisir/diketahui oleh pembantu dekan bidang akademik.

Baca Juga: Polda Sulawesi Tenggara Ungkap 4.602 Kasus, Selamatkan Uang Negara Rp 6,1 Miliar

Bagi lulusan perguruan tinggi di luar negeri, surat keputusan penyetaraan dari Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek menjadi syarat wajib. Umur peserta pada saat pembukaan pendidikan pembentukan SIPSS T.A. 2024 memiliki batasan tertentu, bergantung pada tingkat pendidikan.

AKBP Saminata, Kabag Dalpers Biro SDM Polda Sulawesi Tenggara, menekankan prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis dalam proses pendaftaran.

Pendaftar dapat mengakses website resmi Penerimaan Polri di PENERIMAAN POLRI.GO.ID dan melakukan verifikasi di Polda Sulawesi Tenggara.

Dengan kesempatan langka ini, para calon Inspektur Polisi dapat meraih impian mereka dengan memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan. Polda Sulawesi Tenggara membuka peluang bagi para profesional muda untuk berkontribusi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Indonesia. Ayo, sambut peluang emas ini dan wujudkan karier gemilangmu di Kepolisian. (B)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga