Polisi Tangkap 134 Kg Sabu di Sumatera Utara, Wakil Ketua Komisi 3 DPR Minta Tangkap Bandarnya

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Kamis, 15 Juni 2023
0 dilihat
Polisi Tangkap 134 Kg Sabu di Sumatera Utara, Wakil Ketua Komisi 3 DPR Minta Tangkap Bandarnya
Wakil Ketua Komisi III DPR, Desmond Junaidi Mahesa memberikan keterangan kepada sejumlah awak media. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumatera Utara, mengamankan 40 tersangka atas kasus dugaan jaringan narkotika jenis sabu, ganja dan pil ekstasi "

MEDAN, TELISIK.ID - Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumatera Utara, mengamankan 40 tersangka atas kasus dugaan jaringan narkotika jenis sabu, ganja dan pil ekstasi.

Jumlah barang bukti yang diamankan dari 40 tersangka jaringan narkotika itu, mencapai 134 Kg sabu, 537 kg ganja dan 78.730 butir pil ekstasi.

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Panca Putra dalam kegiatan itu mengaku, narkotika itu merupakan jaringan dalam dan luar negeri.

"Ini jaringan luar negeri masuk ke Sumatera Utara melalui perairan dan jalur tikus," kata Irjen Pol Panca Putra dalam kegiatan konfrensi pers yang dihadiri Komisi III DPR di Mapolda Sumatera Utara, Kamis (15/6/2023) siang.

Baca Juga: Sebelum Ditangkap TNI Bawa Narkoba, Anggota Polri Ini Diduga Konsumsi Sabu Bareng Rekannya

Jenderal bintang dua itu mengaku, pengungkapan itu hasil periode 19 Maret sampai 10 Juni 2023 atau selama 84 hari, berasal dari 28 kasus dengan 40 tersangka.

Jaringan itu menjemput narkotika jenis sabu ke tengah laut Indonesia di Perairan Tanjung Balai, menggunakan kapal nelayan, selanjutnya disembunyikan di sampan kalo dan membawa ke Tangkahan.

"Kemudian sesampai di darat, disembunyikan di bawah lantai bagasi mobil bagian belakang yang terhubung ke tempat penyimpanan ban pengganti yang sudah dimodifikasi. Tapi akhirnya kasus ini bisa diungkap," ucapnya.

Dari total jumlah barang bukti narkotika yang disita, Irjen Pol Panca mengaku, dapat menyelamatkan masyarakat sebanyak 2,7 jutaan orang, dengan asumsi 1 gram sabu untuk 4 orang, 1 gram ganja untuk 4 orang dan 1 butir pil ekstasi untuk 1 orang.

"Jadi, seluruh narkotika hasil tindak pidana ini dimusnahkan," terangnya.

Baca Juga: Terduga Kurir Sabu Ditangkap di Kapal Boat, 4 Lainnya Lompat ke Laut

Terpisah, Wakil Ketua Komisi 3 DPR, Desmond Junaidi Mahesa, memberikan apresiasi terhadap petugas kepolisian dari Polda Sumatera Utara.

"Kami melakukan kunjungan kerja ke Polda Sumatera Utara ini. Kami lihat pihak Polda Sumatera Utara banyak mengungkap kasus narkotika," ungkap.

Untuk kedepannya, politisi Partai Gerindra itu mengaku, agar kedepannya selalu berkomunikasi dengan steakholder terkait untuk memutus jaringan narkotika yang lebih besar lagi.

"Jaringan narkotika ini harus diputus. Ungkap dan tangkap bandar bandarnya," terangnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga