Polres Baubau Libatkan Lintas Ormas Saat Pengamanan Parayaan Hari Raya Agama

Siswanto Azis, telisik indonesia
Senin, 05 April 2021
0 dilihat
Polres Baubau Libatkan Lintas Ormas Saat Pengamanan Parayaan Hari Raya Agama
Suasana pengamana hari raya pask di salah satu gereja di Baubau. Foto: Ist.

" Mulai dari GP Ansor, PMII, HMI, Pecalang, Maluku Satu Rasa serta organisasi lainnya semua ikut mengamankan jalannya perayaan paskah. "

BAUBAU, TELISIK.ID - Kepolisian Polres Baubau libatkan sejumlah organisasi, kemahasiswaan dan kemasyarakatan serta TNI untuk mewujudkan keamanan dan kelancaran dalam pelaksanaan hari raya agama.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Baubau, AKBP Trio Tangkari SH.S.I.K. Menurutnya, pelibatan sejumlah pihak tersebut telah dilakukan, seperti pada hari raya paskah yang dilakukan belum lama ini.

Selain melibatkan sejumlah ormas, kata dia, Polres Baubau juga melibatkan toko masyarakat, toko agama, dan toko pemuda se-Kota Baubau.

“Mereka bersedia untuk bersama-sama dengan kami untuk membantu mengamankan sejumlah Gereja yang digunakan untuk kegiatan keagamaan,” ungkapnya kepada Telisilk.id, Senin (4/4/2021).

Menurut AKBP Trio Tangkari, untuk Polres Baubau saat ini membawahi tiga kabupaten/kota, yakni Kota Baubau, Kabupaten Buton Tengah, dan sebagian wilayah Kabupaten Buton Selatan.

“Jadi tiga wilayah tersebut memiliki 12 gereja,” jelasnya.

Lebih lanjut, AKBP Trio mengatakan, pengamanan kali ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena hampir semua orang ikut ambil bagian dalam mengamankan jalan perayaan paskah.

“Mulai dari GP Ansor, PMII, HMI, Pecalang, Maluku Satu Rasa serta organisasi lainnya semua ikut mengamankan jalannya perayaan paskah,”ungkapnya.

Baca Juga: Pasien RSUD Baubau Melonjak hingga 30 Persen

Kapolres Baubau juga menjelaskan, kegiatan pengamanan perayaan hari-hari besar keagamaan seperti ini akan terus dilakukan oleh Polres Baubau yang melibatkan ormas lintas agama.

“Jadi ini adalah titik tolak dari awal kegiatan pengamanan lintas agama, ke depannya pengamanan seperti ini akan terus kita lalukan di wilayah hukum Polres Baubau,” jelasnya.

Olehnya itu, AKBP Trio Tangkari mengingatkan kepada semua pihak untuk terus mendukung dan menjaga Kamtimas di lingkungan masing-masing. Menurutnya, polisi tidak bisa bekerja sendirian tanpa adanya dukungan dari seluruh pihak.

“Paling tidak semua orang bisa menjadi polisi pada dirinya sendiri dengan selalu berwaspada,” tutupnya. (B)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga