Polres Konawe Gelar Sispamkota Pemilu Serentak 2024

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 17 Oktober 2023
0 dilihat
Polres Konawe Gelar Sispamkota Pemilu Serentak 2024
Polres Konawe gelar simulasi Sispamkota dalam mensukseskan Pemilu 2024. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Dalam rangka pengamanan Pemilihan Umum 2024, Kepolisian Resort Konawe menggelar apel operasi Mantap Brata Anoa "

KONAWE, TELISIK.ID - Dalam rangka pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Kepolisian Resort (Polres) Konawe menggelar apel operasi Mantap Brata Anoa yang berlangsung di Pelataran Inolobu Central Park (ICP) Kabupaten Konawe, Selasa (17/10/2023).

Apel yang diikuti oleh perwakilan TNI, seluruh personel Polres Konawe, Satpol PP, Damkar, Dinas Perhubungan, BPBD, Hansip, dipimpin langsung oleh Kapolres Konawe, AKBP Ahmad Setiadi.

Usai dilaksanakan Apel operasi Mantap Brata Anoa, dilanjutkan dengan pembacaan dan penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai yang dilakukan oleh Forkopimda, Ketua KPU, Wike, Ketua Bawaslu, Abuldan, dan seluruh Ketua Pimpinan Cabang partai politik Konawe.

Selanjutnya, dilaksanakan latihan Sispamkota dalam rangka pengamanan Pemilu 2024 wilayah Polres Konawe. Dalam pelaksanaan latihan Sispamkota, pihak kepolisian bekerja sama dengan sejumlah masyarakat melakukan simulasi penanganan apa bila terjadi permasalahan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), pengamanan kotak suara, dan cara menghadapi demonstran yang berpotensi rawan terjadi bentrok.

Kapolres Konawe, AKBP Ahmad Setiadi mengatakan, dari tiga item kegiatan yang dilaksanakan berjalan dengan lancar dan sesuai yang diharapkan.

Baca Juga: Sukseskan Pemilu 2024 Polres Kolaka Timur Siapkan 216 Personel

Kata dia, pihaknya akan mengerahkan segala kemampuan yang dimiliki Polres Konawe untuk membantu kelancaran Pemilu 2024 mendatang.

"Termasuk peralatan yang baru sekiranya juga telah dipersiapkan dari Mabes Polri, Polda," ujar Kapolres.

Ahmad Setiadi juga menerangkan, pihaknya saat ini telah meningkatkan semua kapasitas kemampuan baik itu dari fungsi Reserse, Lalulintas, Bimas, Intelijen, dan fungsi Samapta untuk melaksanakan pengamanan Pemilu.

Selain itu, Kapolres Konawe mengungkapkan, berdasarkan laporan intelijen, terdapat beberapa tingkat kerawanan yang berada di Kabupaten Konawe di antaranya TPS rawan, saat rawan, dan TPS kurang rawan.

"Di Konawe terdapat 28 titik rawan, selebihnya biasa saja, sedangkan untuk sangat tidak rawan itu tidak ada," beber Kapolres.

Lanjut Perwira Polisi dua melati di pundak, dari 745 TPS di Konawe, terdapat 28 titik rawan yang harus diberikan pengamanan khusus. "Indikator dari titik rawan ada beberapa dimensi yang terlihat dari beberapa aspek di antaranya suku, ras, agama, antar golongan dan tingkat aktifitas masyarakat yang sangat tinggi," tambh.

Kapolres juga menerangkan, di Kabupaten Konawe tidak terdapat titik yang sangat rawan di semua TPS.

Baca Juga: Cegah Letupan di Pemilu, Polres Muna All Out

"Untuk sangat rawan itu tidak ada, ini berkat sinergitas Forkopimda, Pemkab Konawe, dan masyarakat," pungkasnya.

Sementara itu, Sekertaris Daerah Kabupaten Konawe Ferdinand Sapan mengatakan, simulasi pengamanan Pemilu 2024 ini penting dilaksanakan dalam mencegah hal-hal yang tidak diinginkan pada pentahapan pemilu.

"Kami dari Pemda mensupport penuh dalam mensukseskan Pemilu 2024 mendatang," ungkapnya.

Perlu diketahui, turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Sekda Konawe, Ferdinand Sapan, Wakil Ketua DPRD Konawe, Rusdianto, Ketua Bawaslu, Abuldan, dan Kepala OPD. (A-Adv )

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga