Polres Muna Siap Tindaki Geng Motor dan Miras

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 10 Februari 2023
0 dilihat
Polres Muna Siap Tindaki Geng Motor dan Miras
Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin bersama jajarannya mendengarkan keluhan warga Desa Lagasa. Foto: Sunaryo/Telisik

" Aksi geng motor dan minuman keras (miras) di Desa Lagasa, Kecamatan Duruka, Kabupaten Muna cukup meresahkan masyarakat setempat "

MUNA, TELISIK.ID - Aksi geng motor dan minuman keras (miras) di Desa Lagasa, Kecamatan Duruka, Kabupaten Muna cukup meresahkan masyarakat setempat.

Hampir setiap malam, masyarakat dibuat tidak tenang atas kelakuan para pemuda itu. Diberi tahu, mereka tidak mau mendengar.

Masyarakat pun murka dan melaporkan perbuatan mereka langsung pada Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin.

"Kelakuan mereka sudah sangat meresahkan. Tiap malam balapan liar dan miras," keluh La Ode Madawin Isa, tokoh masyarakat di sela-sela Jumat curhat bersama Polres Muna, Jumat (10/2/2023).

Baca Juga: Surat Kemendagri Minta Pelantikan 4 Cakades Terpilih di Muna Belum Final

Madawin juga meminta Pemerintah Desa (Pemdes) Lagasa untuk melibatkan tokoh-tokoh pemuda di setiap dusun intuk membantu pihak kepolisian dalam menjaga Kamtibmas.

Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin merespon cepat aduan masyarakat pesisir pantai itu. Kata dia, selain anggotanya akan melakukan patroli, juga diharapkan kerja sama masyarakat, bila melihat kumpulan geng motor dan pemuda yang miras agar segera melaporkan. Tak tanggung-tanggung, kapolres lalu membagikan nomor handphonenya pada masyarakat.

"Langsung hubungi saya. Kita akan tindaki," tegas Mulkaifin.

Mulkaifin juga sepakat dengan saran masyarakat untuk melibatkan tokoh-tokoh di desa dalam menjaga Kamtibmas. Namun, ada baiknya dibentuk dalam satu kelompok Sadar Kamtibmas yang nantinya akan bertugas melakukan pencegahan mendukung terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif.

"Kami harapkan peran masyarakat untuk membantu kerja-kerja kepolisian dalam menjaga Kamtibmas," pintanya.

Kasat Lantas Polres Muna, Iptu Yusran Yoyo mengaku, untuk geng motor yang kerap ugal-ugalan dan menggunakan knalpot bogar, saat ini menjadi target utama. Pihaknya, setiap hari hingga malam melakukan patroli di tempat-tempat yang kerap dijadikan sebagai arena balapan liar.

"Setiap kita tiba, mereka sudah kabur. Jadi, kita harapkan masyarakat bisa segera melapor, bila melihat ada yang berkumpul," ujarnya.

Sementara itu, Kades Lagasa, Muhamas Asdam sangat mendukung langkah Polres Muna dalam menjaga Kamtibmas. Saat ini, kata dia, pihaknya tengah menyusun Perdes terkait Kamtibmas.

"Rancangannya sudah ada, tinggal kita sosialisasikan ke masyarakat," katanya.

Baca Juga: Bocah Dua Tahun di Muna Barat Idap Hidrosefalus tapi Tolak Operasi

Perdes itu nantinya, akan mengatur persoalan Kamtibmas di desa menjadi tanggung jawab bersama. Bila ada yang melakukan perbuatan melanggar hukum, maka akan diproses.  

"Tidak akan dibela. Kita langsung serahkan ke Polres," tegasnya.

Tahun ini juga, pihaknya telah mengalokasikan anggaran untuk pengadaan CCTV yang akan dipasang di setip dusun. Dengan adanya CCTV itu nantinya, akan membantu memantau aktifitas masyarakat mulai dari pagi hingga malam hari.

"Ada 10 CCTV yang kita akan adakan dan dipasang pada titik-titik rawan," tukasnya. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga