adplus-dvertising

Pria Ini Lempari Lukisan Mona Lisa dengan Kue, Menyamar Jadi Nenek

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 01 Juni 2022
527 dilihat
Pria Ini Lempari Lukisan Mona Lisa dengan Kue, Menyamar Jadi Nenek
Lukisan Monalisa dilempari kue oleh seorang pria yang menyamar menjadi nenek-nenek. Foto: AFP

" Lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci yang dilempari kue oleh pria berwig hebohkan dunia "

KENDARI, TELISIK.ID - Lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci yang dilempari kue oleh pria berwig hebohkan dunia.

Pria berwig yang menyamar sebagai nenek-nenek awalnya duduk di atas kursi roda. Ia sempat melempar bunga mawar ke sekitar area lukisan.

Tersangka yang telah diidentifikasi sebagai pria berusia 36 tahun ini telah ditangkap dan dikabarkan berada dalam perawatan psikiater.


Sejak potongan video itu booming di dunia, pria yang diketahui sebagai aktivis lingkungan itu meneriakkan sebuah pesan.

"Ada orang yang menghancurkan bumi," kata pria tersebut dalam bahasa Prancis di video yang beredar dilansir detik.com.

"Semua seniman, tolong pikirkan tentang bumi. Itu sebabnya saya melakukan ini. Pikirkan planet ini," teriak pria tersebut.

Usai berita menghebohkan tersebut, juru bicara Museum Louvre Prancis mengajukan keluhan kepada petugas kepolisian setempat untuk menyelidiki pria tersebut.

Baca Juga: Surstromming, Makanan Paling Busuk di Dunia tapi Favorit di Negara Ini

Sebelumnya dilansir dari Jurnalsoreang, Lukisan terkenal karya Leonardo da Vinci, Mona Lisa pernah dicuri dari museum Louvre di Paris, Perancis.

Peristiwa itu menggegerkan seantero Prancis, dan memunculkan beragam spekulasi tentang pencurian karya seni Lukisan Mona Lisa tersebut.

Tepat pencurian itu pada tanggal 21 Agustus 1911 membuat publik dan Polisi bingung dengan orang-orang lainnya untuk menemukan pelaku.

Sebuah rumor yang dipercaya publik kala itu adalah bahwa pencurian Lukisan Mona Lisa telah dilakukan oleh Jerman, dengan tujuan untuk mempermalukan Prancis.

Namun, dua tahun berselang barulah pelakunya ditemukan. Seorang perampok kecil Italia bernama Vincenzo Perugia pindah ke Paris pada 1908, dan pernah bekerja di Louvre sebentar.

Ia mendatangi galeri dengan baju putih yang dikenakan semua karyawan di sana, dan bersembunyi sampai tutup.

Pada malam hari Vincenzo Perugia menjalankan aksinya, dengan mencopot Lukisan Mona Lisa dari bingkainya.

Vincenzo Perugia berjalan diam-diam dengan Lukisan Mona Lisa yang disembunyikan di balik bajunya, dan membawanya ke penginapannya di Paris.

Baca Juga: 5 Sungai Paling Berbahaya di Dunia, Jangan Berenang di Sini

Vincenzo Perugia akhirnya menjalani tujuh bulan dari hukuman satu tahun penjara, dan kemudian bertugas di militer Italia selama Perang Dunia I.

Sementara itu, Lukisan Mona Lisa kembali ke museum Louvre, yang kemudian meningkatkan keamanan di sekitar lukisan itu untuk melindungi dari aksi pencurian.

Leonardo da Vinci memang sempat membawa lukisan itu ke Prancis saat diundang Raja Francis I pada 1516. Raja Francis I kemudian membelinya dan saat Revolusi Prancis lukisan itu dipajang di museum Louvre.

Napoleon sempat membawanya untuk digantung di kamar tidurnya, tapi kemudian dikembalikan ke museum Louvre.

Banyak orang Italia menyambut gembira kepulangan mahakarya Lukisan Mona Lisa itu, publik berbondong-bondong melihatnya beberapa di antaranya bahkan sampai menangis kegirangan. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Musdar

Baca Juga