adplus-dvertising

5 Sungai Paling Berbahaya di Dunia, Jangan Berenang di Sini

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 01 Juni 2022
0 dilihat
5 Sungai Paling Berbahaya di Dunia, Jangan Berenang di Sini
Salah satu sungai berbahaya di dunia yang selalu mengacam keselamatan. Foto: Repro Tamanpendidikan.com

" Setiap sungai mempunyai ancaman dan bahaya yang tidak terduga, kendati seseorang sudah dilengkapi dengan ilmu dan peralatan mumpuni "

KENDARI, TELISIK.ID - Bagi kaum urban yang suka berpetualang di alam bebas atau bahkan suka berenang di sungai, sepertinya harus berpikir dua kali untuk mencoba berenang atau berpetualang di sungai-sungai ini.

Pasalnya sungai-sungai ini dikenal sangat berbahaya bagi siapapun, tak terkecuali bagi mereka yang jago berenang atau menyelam sekalipun.

Seperti diketahui sebelumnya, musibah tengah menimpa putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Eril, yang hingga kini masih dalam tahap pencarian akibat diduga hilang di Sungai Aare, Swiss, saat mencoba berenang di sungai tersebut.

Hal tersebut pun harus menjadi bahan pelajaran, bahwa setiap sungai mempunyai ancaman dan bahaya yang tidak terduga, kendati seseorang sudah dilengkapi dengan ilmu dan peralatan mumpuni.

Berikut ini daftar sungai paling berbahaya di dunia.

1. Sungai Yangtze

Melansir Faktaon7.id, di Asia ada Sungai Yangtze yang merupakan salah satu sungai terpanjang di dunia. Sungai ini berperan sebagai pemisah antara China Utara dan China Selatan dengan panjang mencapai 6.300 kilometer.

Sungai Yangtze dikategorikan sungai berbahaya lantaran kerap mengancam kota-kota yang berada di sekitarnya.

Ancamannya itu sendiri tak lain yakni bencana banjir yang cukup dahsyat. Dalam kurun waktu 1 abad terakhir, China telah mengalami banjir yang parah akibat dari sungai tersebut.

Adapun banjir yang terdahsyat yang terjadi pada tahun 1931, yang menewaskan sekitar 2 juta orang kala itu.

2. Sungai Kongo

Sungai Kongo diketahui sebagai sungai terpanjang kedua di Benua Afrika, dan salah satu sungai paling berbahaya di dunia, tentunya.

Selain berbahaya, Sungai Kongo pun dicap sebagai sungai terdalam di dunia. Bahkan catatan mengatakan jika Sungai Kongo mempunyai kedalaman hingga 220 meter.

Dengan kedalaman seperti itu, sangat tidak direkomendasikan untuk berenang di sungai ini. Bahkan disebutkan pula, jika anak Sungai Kongo dan bagian bawahnya terdapat ngarai serta air terjun. Bahkan bagian atas sungai dipenuhi dengan jeram yang sangat berbahaya bagi siapapun.

3. Sungai Nil

Seperti kita ketahui, berabad-abad Sungai Nil sangat berperan penting bagi peradaban manusia, terutama bagi mereka yang tinggal di Benua Afrika.

Baca Juga: Longplayer, Lagu Terpanjang di Dunia Berdurasi 1000 Tahun

Diketahui, Sungai Nil memiliki panjang hingga 6.650 kilometer. Namun, sungai ini pun menghadirkan berbagai macam ancaman bagi siapapun yang melewatinya. Ancaman itu sendiri hadir dari satwa liar penghuni sungai seperti buaya, kudanil, ular (Balck Mamba dan Kobra Mesir yang ganas) hingga nyamuk.

4. Sungai Orinico

Melansir Jurnalsoreang, Sungai Orinico terletak di Benua Amerika bagian selatan, tercatat sebagai sungai terpanjang ketiga di Benua Amerika.

Sungai ini diketahui sangat berkelok-kelok dan memiliki jalur yang sangat rumit, sehingga sangat sulit untuk navigasi. Selain itu, Sungai Orinico mempunyai arus yang sangat deras dan dalam, bahkan terumbu karangnya pun tak kalah berbahaya.

5. Sungai Zambezi

Sungai Zambezi merupakan sungai terpanjang keempat di Benua Afrika, dan tentunya termasuk sungai yang berbahaya di dunia. Letak berbahaya dari sungai ini, lantaran Sungai Zambezi terhubung dengan sejumlah air terjun.

Baca Juga: Investor Twitter Gugat Elon Musk Terkait Saham

Di antaranya air terjun Ngonye, Victoria dan air terjun Chavuma yang terkenal sangat curam. Oleh karena itulah Sungai Zambezi dikategorikan sebagai salah satu sungai berbahaya di dunia.  Bahkan selain itu, Sungai Zambezi diketahui memiliki batu-batu yang sangat besar serta terdapat parit pada dasar sungai. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga