adplus-dvertising

Profil Mesut Ozil, Pemain Muslim yang Jadi Termahal di Jerman

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 07 Juni 2022
582 dilihat
Profil Mesut Ozil, Pemain Muslim yang Jadi Termahal di Jerman
Bintang sepakbola dunia asal Jerman, Mesut Ozil. Foto: Repro Reuters

" Bintang sepakbola asal Jerman ini berkeliling Indonesia selama empat hari termasuk dalam rangka mempromosikan wisata "

JAKARTA, TELISIK.ID - Salah satu bintang sepakbola dunia, Mesut Ozil jadi perbincangan, baru-baru ini. Ia datang di Indonesia pada Kamis (26/5/2022).

Saat di Indonesia, bintang sepakbola asal Jerman ini berkeliling Indonesia selama empat hari termasuk dalam rangka mempromosikan wisata.

Selain itu, Mesut Ozil juga mengunjungi Bali dan Masjid Istiqlal yang berada di Jakarta Pusat.


"Tujuan pertama, saya ingin pergi ke Masjid Istiqlal, dan kedua saya akan mengunjungi Bali untuk berlibur bersama keluarga," kata Ozil, dilansir Kompas.com.

Untuk lebih mengenal sosok Mesut Ozil, berikut profil dan jenjang karirnya di dunia sepakbola:

Dikutip dari Bola.net, Mesut Ozil lahir pada 15 Oktober 1988. Ozil telah menjadi skuad tim muda nasional Jerman sejak tahun 2006, dan skuad tim nasional Jerman sejak tahun 2009.

Dia mendapat perhatian internasional selama Piala Dunia FIFA 2010 dan dinominasikan untuk Golden Ball Award, yang diberikan kepada pemain terbaik di turnamen .

Ozil memulai karir seniornya di klub kota kelahirannya, Schalke, di Bundesliga pada tahun 2006, ditransfer ke Werder Bremen pada tahun 2008 dan ditransfer ke Real Madrid pada bulan Agustus 2010 setelah performa yang mengesankan di Piala Dunia FIFA dengan Jerman.

Baca Juga: Mengenal Muhad Yakin dan Ihram, Atlet Dayung Bersaudara Asal Wakatobi Sabet Segudang Prestasi

Pada hari batas waktu transfer musim panas 2013, ia pindah ke Arsenal dalam rekor klub £ 42.500.000. Transfer yang membuat dia menjadi pemain sepak bola Jerman yang paling mahal sepanjang sejarah.

Pada tahun 2011, Ozil mendapat peringkat pertama dalam memberikan assist dalam kompetisi utama Eropa dan domestik dengan 25 assist.

Pada tahun 2012 , dia juga peringkat pertama dalam assist di La Liga dengan 17 assist. Dia juga salah satu top assist di Piala Dunia 2010 FIFA dan UEFA Euro 2012 dengan tiga assist.

Ozil memulai karir mudanya bermain untuk berbagai klub di Gelsenkirchen dan kemudian bermain lima tahun untuk Rot-Weiss Essen.

Pada tahun 2005, Ozil pindah ke The Youth Departemen of FC Schalke 04. Dia bermain sebagai gelandang dan memakai jersey bernomor punggung 17, di sana dia memulai bermain sebagai playmaker dan gelandang serang.

Pada tanggal 31 Januari 2008, Ozil pindah ke Werder Bremen dengan biaya yang dilaporkan sebesar € 4,3 juta menandatangani kontrak dengan klub Jerman ini sampai dengan 30 Juni 2011.

Pada musim pertamanya, Ozil berhasil membuat dampak yang signifikan di sebagian besar permainan tim dan berhasil mencetak tiga gol dan 15 assist. Pada musim kedua, Bremen finis di peringkat ke tiga, dengan Ozil mencetak 9 gol dan memberikan 17 assist dalam 31 penampilan di pertandingan liga.

Karena penampilannya yang mengesankan di Piala Dunia FIFA 2010, Ozil memastikan tempatnya di antara talenta muda top Eropa. Ia dicari oleh beberapa tim raksasa seperti Barcelona, Arsenal dan Manchester United, serta bahkan beredar isu bahwa kesepakatan telah di lakukan dan Ozil akan di transfer ke Barca.

Werder Bremen membantah laporan tersebut dan pada tanggal 17 Agustus 2010, tim mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan Real Madrid. Biaya transfer diyakini telah berada di wilayah € 15 juta.

Ozil melakukan debut pada tanggal 22 Agustus dalam pertandingan persahabatan melawan Hercules, real Madrid menang 3-1. nomor jerseynya sering berubah sebelum musim dimulai. Dia diberi nomor 26 di pra-musim dan 19 untuk debutnya. Tapi setelah transfer Rafael van der Vaart ke Tottenham Hotspur, ia diberi jersey bernomor punggung 23.

Pada 2 September 2013, Ozil setuju untuk bergabung dengan klub Inggris, Arsenal. Biaya dan durasi kontrak awalnya dirahasiakan, tetapi akhirnya diketahui yaitu sekitar £ 42.500.000 untuk kontrak lima tahun. Transfer yang membuatnya menjadi pemain sepak bola Jerman paling mahal sepanjang sejarah. Ö

Ozil mendapatkan jersey bernomor punggung 11 dan mendapat tugas untuk mengatur pusat serangan arsenal.

Dikutip dari Suara.com, selama bersama Arsenal, Ozil sukses meraih tiga gelar Piala FA, yakni pada edisi 2014, 2015, dan 2017.

Selain itu, pada tiga musim yang sama timnya juga meraih gelar Community Shield.

Baca Juga: Mengenal Sosok Heryanto, Penggagas Program Nasional Satu Desa Satu Perawat

Pada 27 Januari 2021, Ozil akhirnya memilih Fenerbahce sebagai pelabuhan terakhirnya setelah kontraknya bersama Arsenal berakhir. 

Saat itu, Ozil berstatus tanpa klub setelah kontraknya bersama Arsenal diakhiri lebih cepat enam bulan dari perjanjian awal.

Nama Lengkap : Mesut Ozil

Tempat Lahir : Gelsenkirchen, Jerman

Tanggal Lahir : 1988-10-15

Kebangsaan : Jerman

Posisi : Gelandang

Agama : Islam. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga