Ini Sosok Perancang Desain Gerbang Batas Kota Kendari, Arsitek Putra Daerah Penerima Beasiswa di Inggris

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 13 November 2023
0 dilihat
Ini Sosok Perancang Desain Gerbang Batas Kota Kendari, Arsitek Putra Daerah Penerima Beasiswa di Inggris
Muhammad Irsyad, pemenang sayembara desain batas Kota Kendari merupakan arsitek lulusa luar negeri. Foto: Instagram @muh_irsyadht

" Di balik megahnya rancangan gerbang batas Kota Kendari yang saat ini dalam proses pembangunan, ada sosok arsitek hebat yang mejadi otak kreatif desain modern gerbang tersebut "

KENDARI, TELISIK.ID - Di balik megahnya rancangan gerbang batas Kota Kendari yang saat ini dalam proses pembangunan, ada sosok arsitek hebat yang mejadi otak kreatif desain modern gerbang tersebut.

Ia adalah Muhammad Irsyad, putra daerah asal Konawe Utara yang berhasil menangkan sayembara desain arsitektur gerbang Kota Kendari yang diadakan pemkot akhir 2022 lalu.

Irsyad yang saat itu sedang sibuk melanjutkan pendidikan S2 di Inggris dihubungi oleh dosen dan teman lamanya saat di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, untuk mengikuti kompetisi sayembara tersebut.

Baca Juga: Sosok Jimly Asshiddiqie, Ketua MKMK yang Berhentikan Ketua MK

Meski awalnya sempat ragu dan menolak, Irsyad akhirnya bertekad memberi kontribusi pada daerah asalnya dengan mengikuti sayembara. Hanya dengan persiapan kurang dari 2 hari, Irsyad berhasil membuat desain gerbang batas kota dan menjadi pemenang dari sekian banyak peseta yang berlomba.

Dilansir dari akun Instagram @muh_irsyadht, desain yang dibuat Irsyad bersama timnya, Ai Architecture and Urban Studio itu diberi nama The Link. The Link adalah desain gerbang penghubung antara Kota Kendari sebagai pusat bisnis dan kota-kota satelit di sekitarnya.

Desain ini mengusung konsep keterbukaan untuk merepresentasikan visi Kota Kendari yang visioner terhadap perubahan zaman dan keberagaman. Salah satu ciri khas utama dari desain ini adalah penggunaan bentukan rumah adat “Laikambuu” yang ditransformasikan sebagai frame utama.

Hal tersebut memberikan kesan yang unik dan khas pada desain tersebut. Selain itu, desain ini juga memasukkan konsep crafting yang merupakan tradisi turun-temurun di Indonesia, yang diimplementasikan dalam pahatan pada massing gerbang dengan corak yang menarik.

Dengan kombinasi antara elemen-elemen tradisional dan konsep kontemporer, The Link menciptakan sebuah desain yang mencerminkan Kota Kendari yang modern namun tetap menghargai warisan budaya dan keberagaman. Desain ini menggambarkan semangat progresif dan harmoni dalam konteks perkembangan kota.

Bukan sekedar konsep, desain tersebut saat ini sedang dibangun di titik-titik perbatasan Kota Kendari, seperti di Puuwatu dan Ranomeeto.

Meski baru mengenal dunia arsitektur saat menempuh pendidikan S1 Arsitektur di UHO, Irsyad punya tekad kuat menjadi arsitek handal untuk melanjutkan cita-cita yang ayahnya yang dulu tak tersampaikan.

Setelah lulus S1, ia melanjutkan kuliahnya di The University of Sheffield program studi Urban Planning dengan dua beasiswa sekaligus, yaitu beasiswa Chevening dari pemerintah Inggris dan beasiswa LPDP dari Pemerintah Indonesia.

Baca Juga: Sosok Mila Al-Khansah, Penulis Buku Semua Lelah yang Perlu Kita Rasakan Saat Dewasa Asal Kabupaten Konawe

Pulang bawa ilmu dari negeri Ratu Elizabeth tersebut, Irsyad medirikan firma arsitekturnya sendiri bersama kawan sejawatnya yang dinamakan Ai Architercture and Urban. Selain gerbang batas kota, Irsyad juga sudah melanglang buana memenangkan berbagai kompetisi rancang bangunan.

Terakhir, ia berhasil memenangkan juara satu untuk sayembara desain musholla di Batam. Ia juga jadi bagian tim pemenang saat mengikuti kompetisi internasional, Golden Mansion di Italia untuk merancang Hybrid Coworking.

Ke depan, Irsyad punya mimpi besar untuk melanjutkan pendidikan dan membangun firmanya ke jenjang internasional dan banyak dipakai untuk bangunan-bangunan megah di dunia. (B)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga