Protes Pelayanan RSUD Konsel, Pasien COVID-19 Dipulangkan

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Jumat, 25 September 2020
0 dilihat
Protes Pelayanan RSUD Konsel, Pasien COVID-19 Dipulangkan
Pasien COVID-19 yang diizinkan pulang oleh rumah sakit. Foto: Repro Google.com

" Dia protes, sehingga pihak rumah sakit pulangkan dia untuk isolasi di rumah. "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Seorang pasien COVID-19 asal Kecamatan Palangga, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dipulangkan oleh pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Konawe Selatan (Konsel).

Kabarnya, pasien tersebut dipulangkan oleh pihak rumah sakit, setelah melakukan aksi protes terhadap pelayanan di RSUD Konsel.

"Betul, dipulangkan oleh RSUD Konsel dan bukan permintaan keluarga," kata Al Amin, keluarga pasien, Kamis (24/9/2020) malam.

Al Amin menjelaskan, pasien dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium COVID-19 Kabupaten Konsel pertanggal 21 September 2020.

Setelah dinyatakan positif, pasien ini dirawat di RSUD Konsel. Namun, setelah beberapa hari perawatan, pasien tersebut merasa tidak betah.

"Tidak betahnya itu antara lain karena fasilitas yang tidak bagus, kemudian pelayanan dan kebersihan juga tidak memadai," ujarnya.

Lalu pasien ini melakukan aksi protes karena sudah tidak tahan di rumah sakit.

Baca juga: Mendamaikan Suasana Pilkada, Polres Wakatobi Gelar Doa Bersama dengan Paslon

"Dia protes, sehingga pihak rumah sakit pulangkan dia untuk isolasi di rumah," jelasnya.

Atas kejadian tersebut, pihak keluarga berharap agar pihak rumah sakit maupun pihak Tim Gugus Tugas agar segera memberikan pengarahan prosedur penanganan COVID-19.

"Agar segera didampingi dan difasilitasi bagaimana layaknya pasien COVID-19," harapnya.

Karena kata Al Amin, hingga saat ini belum ada tindakan apapun dari Gugus Tugas, baik itu Tim Gugus Tugas kabupaten, Gugus Tugas kecamatan maupun dari pemerintah desa setempat.

"Pasien ini hanya dilayani oleh dua orang yang tidak memiliki kapasitas dan keilmuan atau basic kesehatan," lanjutnya.

"Yang paling menakutkan, kami keluarga yang merawat pasien, tanpa Alat Pelindung Diri (APD) tidak ada pengalaman medis dan tanpa edukasi dari pihak kesehatan," tandasnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Konsel, dr Boni Lambang Pramana, saat di konfirmasi Telisik.id membantah adanya pasien COVID-19 yang dipulangkan karena melakukan aksi protes terhadap pelayanan RSUD Konsel.

"Ndak ada, tidak benar," singkat dr Boni.

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga