PT Marbaujaya Diduga Serobot Lahan Warga, Pemprov Sulawesi Tenggara Bakal Cek Lapangan

Erni Yanti, telisik indonesia
Selasa, 13 Februari 2024
0 dilihat
PT Marbaujaya Diduga Serobot Lahan Warga, Pemprov Sulawesi Tenggara Bakal Cek Lapangan
PT Marbaujaya Indahraya Group saat pertemuan dengan masyarakat, sibuk mendengarkan heandset dan abai. Foto: Erni Yanti/Telisik

" PT Marbaujaya Indahraya Group diduga abaikan aspirasi masyarakat saat pertemuan bersama masyarakat membicarakan sengketa lahan pertanian di Konawe Selatan "

KENDARI, TELISIK.ID - PT Marbaujaya Indahraya Group diduga abaikan aspirasi masyarakat saat pertemuan bersama masyarakat membicarakan sengketa lahan pertanian di Konawe Selatan.

Hal itu terlihat saat pertemuan di Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Sulawesi Tenggara, Asrun Lio, untuk menindaklanjuti tuntutan masyarakat atas hak tanah yang diserobot PT Marbaujaya Indahraya Group.

Camat Sabulakoa, Johansyah mengaku warganya sering mengeluh soal lahannya yang diserobot PT Marbaujaya Indahraya, namun soal kelengkapan administrasi lahan yang digunakan tersebut menurutnya tidak melalui camat setempat.

Ia mengatakan, selama keberadaan PT Marbaujaya Indahraya Group pengurusan administrasinya tidak melibatkan pemerintah desa setempat, namun warga datang mengeluh bahwa tanahnya telah diserobot.

"Saya harap kami ini dilibatkan, karena setiap keabsahan terkait pengalihan tanah atau sertifikat harus ada tandatangan kepala desa dan camat," ucapnya.

Baca Juga: Dugaan Penyerobotan Lahan di Konawe Selatan, Anggota DPR RI Sebut Ada Mafia

Dalam paparan penyampaian aspirasi di hadapan sekaligus dipimpin Sekda Sulawesi Tenggara Asrun Lio, terlihat Manager PT Marbaujaya Indahraya Group  Gusti, tidak menghiraukan bahkan sibuk mendengar heandset.

Gusti saat dalam ruangan sibuk mendengarkan heandset dan tidak menghiraukan keluhan masyarakat yang sedang bersengketa dengan perusahan kelapa sawit tersebut.

"Iya, saya dengar heandset lagi ada zoom, jadi tadi ada rapat juga sehingga saya pake heandset dalam ruangan," ucapnya saat ditanyai terkait abai terhadap tuntutan masyarakat.

Ia juga membantah terkait penyerobotan karena pihaknya memiliki data-data terkait lahan tersebut. Namun jika ada mediasi ia mengatakan siap untuk mengikuti.

Baca Juga: Lahan Warga Diserobot PT Marbaujaya, Distanak Sulawesi Tenggara Buka Suara

Sekda Sulawesi Tenggara, Asrun Lio menyampaikan hasil dari keputusan rapat tersebut, bahwa akan dilakukan mediasi dengan membentuk tim dari Dinas Perkebunan dan Holtikultura Sulawesi Tenggara, untuk turun langsung mengecek lokasi dan lahan yang diduga diserobot oleh PT Marbaujaya Indahraya Group.

"Jadi kesimpulan pertemuan hari ini kita akan adakan mediasi dan membentuk tim untuk turun langsung ke Konawe Selatan mengecek lahan-lahan warga," kata Asrun Lio.

Diketahui, pertemuan tersebut dihadiri Manager PT Marbau Indahraya Group, Sekda Sulawesi Tenggara, Dinas Pertanian dan Peternakan Sulawesi Tenggara, Dinas Perkebunan dan Hultikultura, DPRD Kabupaten Konsel, Kanwil ATR/BPN, di Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara, Senin (12/2/2024). (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga