Puan Maharani Berbadan Tikus, Kritikan Keras BEM UI Hingga Profil Pembuat Karikatur

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 24 Maret 2023
0 dilihat
Puan Maharani Berbadan Tikus, Kritikan Keras BEM UI Hingga Profil Pembuat Karikatur
Meme Ketua DPR RI Puan Maharani berbadan tikus yang diunggah BEM UI. Foto: Instagram bemuiofficial

" Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) menjadi sorotan setelah mengunggah kritikan terhadap Ketua DPR Puan Maharani dengan background gedung kura-kura DPR dan ada bagian kepala Puan berbadan tikus "

JAKARTA, TELISIK.ID - Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) menjadi sorotan setelah mengunggah kritikan terhadap Ketua DPR Puan Maharani dengan background gedung kura-kura DPR dan ada bagian kepala Puan berbadan tikus.

Dalam video viral yang dilihat Telisik.id di akun Instagram @bemui_official menunjukkan Puan Maharani berbadan tikus yang bertuliskan "kami tidak butuh dewan perampok rakyat."

Diawali dengan memperlihatkan gedung DPR yang terbelah, kemudian video viral ini memperlihatkan kemunculan foto 3 ekor tikus. Namun salah satu dari 3 tikus tersebut, memiliki kepala yang mengunakan kepala Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Baca Juga: MenPAN-RB Pastikan Sanksi ASN Adakan dan Ikuti Buka Puasa Bersama

"Bagaikan tikus dengan watak licik yang selalu menggerogoti masyarakat sipil, semakin terlihat bahwa DPR benar-benar tidak memihak rakyat. Sudah tidak ada alasan lagi untuk kami percaya kepada wakil kami. Saatnya untuk melawan!," tulisnya.

Ketua BEM UI, Melki Sadek Huang menjelaskan alasan dibuatnya meme tersebut. Menurutnya, apa yang dipublikasikan oleh organisasi kemahasiswaan tertinggi di UI itu adalah bentuk kemarahan kepada DPR.

“Melalui publikasi tersebut kami ingin sampaikan pada masyarakat untuk jangan berharap dan percaya banyak pada DPR saat ini karena bagi kami DPR tak lebih dari perampas hak masyarakat dan pelanggar konstitusi,” kata Melki dilansir dari Kumparan.com

Diketahui meme tersebut digagas langsung oleh Melki, Melki Sedek Huang terpilih sebagai Ketua BEM UI sejak Januari 2023. Ia baru 3 bulan menjabat sebagai ketua BEM UI yang sebelumnya sebagai BEM Fakultas Hukum (FH) UI.

Baca Juga: Jokowi Larang Acara Buka Puasa Bersama 2023

Mengutip dari akun Linkedin, Melki dijelaskan masih duduk sebagai mahasiswa jurusan Administrasi Hukum, Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Melki diketahui berkonsentrasi pada hukum pidana, hukum administrasi, dan hukum hak asasi manusia. Dia juga aktif dalam berbagai proyek, relawan, dan organisasi seperti Barisan Inti Makara Merah (BARIKARA) sejak 2019 hingga sekarang. Pada Juni 2020, Melki dinobatkan sebagai Best Staff of Departemen Kajian dan Aksi Strategis BEM FH UI 2020.

Melki telah menyelesaikan program magang di firma hukum Tampubolon, Tjoe, and Partners Law Firm pada Agustus 2022 - Februari 2023. Sebelumnya, Melki sempat juga magang di Lembaga Bantuan Hukum Jakarta (LBH Jakarta) pada Agustus 2021-November 2021. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga