Puluhan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Desa Anggoro Konawe Terendam Banjir

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 03 Juli 2024
0 dilihat
Puluhan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Desa Anggoro Konawe Terendam Banjir
Puluhan rumah dan ratusan hektare di Desa Anggoro, Kabupaten Konawe sawah terendam banjir. Foto: Kolase

" Sedikitnya 80 rumah warga terendam dan ratusan hektar sawah yang baru disemai tenggelam usai kembali diterjang banjir terjadi di Desa Anggoro, Kecamatan Abuki, Kabupaten Konawe dengan ketinggian mencapai 1 meter "

KONAWE, TELISIK.ID - Sedikitnya 80 rumah warga terendam dan ratusan hektar sawah yang baru disemai tenggelam usai kembali diterjang banjir terjadi di Desa Anggoro, Kecamatan Abuki, Kabupaten Konawe dengan ketinggian mencapai 1 meter, Rabu (3/7/2024).

Kepala Desa Anggoro, Ruslan, mengungkapkan bahwa banjir ini sudah menjadi langganan di desanya .Selain disebabkan oleh intensitas hujan yang tinggi, pendangkalan Sungai Anggoro juga menjadi faktor utama.

Ia juga mengatakan, sungai tersebut tidak mampu menampung dan mengalirkan air secara langsung ke Sungai Lahumbuti.

Baca Juga: BKKBN Sultra Perkuat PKB dan PLKB di Konawe untuk Penurunan Stunting dan Bangga Kencana

Meski masalah ini telah disampaikan ke pemerintah daerah dan Balai Wilayah Sungai (BWS), beber Ruslan, namun belum ada respons dari kedua pihak tersebut.

"Untuk banjir ini, kami sudah menyampaikan kondisi ini ke pemerintah Kecamatan Abuki, semoga mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah," harap Ruslan.

Baca Juga: Terbukti Langgar Kode Etik, Ketua KPU Konawe Selatan Diberhentikan

Ia menambahkan, meskipun rumah warga terendam hingga 1 meter, warga masih bertahan di rumah masing-masing karena rumah mereka merupakan rumah panggung yang relatif aman dari genangan air. Namun, Dusun 2 dan 3 mengalami ketinggian banjir yang cukup parah.

"Kami sangat berharap ada bantuan, terutama bagi warga di Dusun 2 dan 3 yang terkena dampak paling parah," tambahnya.

Ia juga berharap ada perbaikan akses jalan menuju desanya, sebab kondisi jalan utama rusak parah sejak musim hujan ini. (C)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga