Punya Dapur Sehat, Rutan Unaaha jadi Percontohan UPT Pemasyarakatan di Sulawesi Tenggara

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Kamis, 23 November 2023
0 dilihat
Punya Dapur Sehat, Rutan Unaaha jadi Percontohan UPT Pemasyarakatan di Sulawesi Tenggara
Kadipas, Musilim, saat memantau dapur sehat di dapur Rutan Unahaa. Foto: Ist.

" Dapur Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Unaaha melambangkan inovasi gemilang sebagai dapur sehat percontohan bagi Lapas/Rutan di Sulawesi Tenggara "

KONAWE, TELISIK.ID - Dapur Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Unaaha melambangkan inovasi gemilang sebagai dapur sehat percontohan bagi Lapas/Rutan di Sulawesi Tenggara.

Peresmian dapur tersebut, diselenggarakan oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham pada Kamis (23/11/2023), menandai tonggak penting dalam pemenuhan standar kesehatan dan gizi untuk warga binaan.

Dalam upaya mendukung kesehatan dan pemenuhan gizi yang baik, Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe dan Puskesmas Tongauna turut hadir sebagai mitra kerja. Ini adalah langkah nyata untuk memastikan warga binaan menerima layanan makanan sesuai standar kesehatan.

Peresmian ini menjadi langkah konkrit mengikuti himbauan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Reynhard Silitonga. Himbauan tersebut menginginkan agar setiap Kakanwil Kemenkumham di Indonesia meresmikan satu dapur sehat Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan sebagai dapur percontohan layanan makanan sesuai standar kesehatan di wilayahnya.

Baca Juga: Pembangunan Jalan Latoma-Routa Hubungkan Dua PSN di Kabupaten Konawe

Menurut Kadivpas Sulawesi Tenggara, Musilim, bukan hanya dapurnya saja yang sehat dan memiliki sertifikat laik higienis, tetapi termasuk juga para petugas yang menjadi penanggungjawab dapur telah memilik sertifikat penjamah makanan dan bahan-bahannya dimulai dari bahan mentah hingga sampai ke hidangan diolah dengan sangat baik.

"Jadi semua telah memenuhi kadar dan kualitas terbaik, baik dari segi kebersihan dan mutunya," ucanya.

Pemberian predikat dapur percontohan didasarkan pada penilaian khusus dari Divisi Pemasyarakatan Sulawesi Tenggara. Rutan Unaaha telah memperoleh Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Jasa Boga dan sertifikat Penjamah Makanan dan Jasa Boga dari Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Konawe pada Desember 2022.

Rutan Unaaha juga dinilai bersih dan memiliki alur serta tata tertib sehingga layak dinobatkan sebagai dapur sehat percontohan.

"Dapur sehat ini tidak hanya menjamin kebersihan, tetapi juga kualitas makanan dan minuman bagi warga binaan," ujar Musilim.

Kepala Rutan Unaaha, Hery Kusbandono menyatakan, pembangunan dapur sehat bertujuan meningkatkan pemenuhan makanan sehat bagi warga binaan. Selain itu, pembangunan ini akan mempermudah para petugas dalam mengolah bahan makanan menjadi makanan siap saji yang lebih teratur dan terjaga dari kontaminasi silang.

Baca Juga: Pj Bupati Konawe dan Ketua APDESI Sulawesi Tenggara Salurkan Bantuan Pembangunan Masjid

Adanya dapur baru, penempatan bahan makanan dapat lebih terpetakan sehingga pendistribusian makanan bisa lebih terjamin dan tepat waktu. Selain itu, kualitas makanan juga akan lebih terjamin, karena dengan adanya sirkulasi udara yang lebih lancar.

"Dan dapat meminimalkan kontaminasi dari juru masak, seperti keringat yang menetes ke dalam makanan dan lain lain," jelas Hery.

Peresmian dapur sehat percontohan di Rutan Unaaha bukan hanya simbol pemenuhan kebutuhan makanan, tetapi juga menciptakan standar baru dalam pelayanan pemasyarakatan yang lebih baik di Sulawesi Tenggara.

Dengan langkah ini, diharapkan UPT Pemasyarakatan lainnya akan terinspirasi untuk meningkatkan kualitas layanan mereka, menjadikan pembinaan warga binaan lebih efektif dan berdaya guna. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga