adplus-dvertising

Punya Elektabilitas Tinggi, Khofifah-Fawaid Layak Jadi Paslon di Pilgub Jawa Timur

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Jumat, 13 Mei 2022
303 dilihat
Punya Elektabilitas Tinggi, Khofifah-Fawaid Layak Jadi Paslon di Pilgub Jawa Timur
Tokoh muda Jawa Timur, Muhammad Fawaid punya elektabilitas tinggi jika dipasangkan dengan Khofifah Indar Parawansa di Pilgub 2024. Foto: Yudhie/Telisik

" Direktur Eksekutif ARCI Baihaki Sirajt mengatakan, sejumlah figur muda dari kalangan politisi muncul sebagai calon wakil gubernur di Jawa Timur saat Pilgub 2024 mendatang dengan elektabilitas bagus "

SURABAYA, TELISIK.ID - Direktur Eksekutif ARCI Baihaki Sirajt mengatakan, sejumlah figur muda dari kalangan politisi muncul sebagai calon wakil gubernur di Jawa Timur saat Pilgub 2024 mendatang dengan elektabilitas bagus.

"Di Cawagub ini banyak muncul figur muda, ada Gus Mufa (Fawaid), Mas Tamam (Bupati Pamekasan), Gus Barra ( Wabup Mojokerto ), Lora Fadil (DPR RI) dan beberapa tokoh lainnya," terangnya, Jumat (13/5/2022).

Baihaki mengatakan, saat responden pertanyaan, apabila nama-nama ini sebagai calon wakil gubernur, siapa yang anda pilih?, jawabannya, Muhammad Fawaid 17,2 %, Thoriqul Haq 10,6%, Azwar Anas 10,3 %,Anik Maslachah 9,5 %, Puti Guntur Soekarno 8,7 %, Ach Fadil Muzakki 8,3 %, Irsyad Yusuf 6,9 %, M Albarra 5,3 %, Baddrut Tamam 5,2 %, Abdullah Abu Bakar 4,7 %, dan tidak jawab/tidak tau 13,3 %.


Alasan masyarakat Jawa Timur memilih Gus Fawaid sebagai Cawagub, Baihaki mengatakan, anggota DPRD Jawa Timur ini memang dikenal komitmen terhadap pemberdayaan ekonomi umat.

"Pria yang juga anggota DPRD dan Presiden Laskar Sholawat Nusantara (LSN) ini dinilai berhasil membangun antara legislatif dan eksekutif," jelasnya.

Baca Juga: Jika Berpasangan di Pilgub 2024, Rusman Emba dan Lukman Abunawas Dinilai Kuat

Ditambahkan olehnya pihaknya melakukan survei selama 11-25 April 2022. Survei  dilakukan ARCI dilakukan di 38 kabupaten/kota Jawa Timur dengan memakai multistage random sampling. Ada 1.200 responden yang berpartisipasi, dengan margin of error sebesar 3 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sedangkan untuk dipasangkan antara Cagub dan Cawagub Jawa Timur, Baihaki mengatakan yang pertama, Khofifah Indar Parawansah-M Fawaid dengan presentase 49,7 %, kedua Emil Elestianto Darda-Abu Bakar dengan presentase 15,3 %, ketiga Saifullah Yusuf- Puti Guntur Soekartono dengan presentase 13,9 %.

Baca Juga: Surat Pengunduran Diri Dasar Pemberhentian Ketua DPRD

Untuk pasangan lain dengan presentase 4,5 %, untuk yang tidak menjawab/tidak tahu sebesar 16,6 %.

“Gus Fawaid elektabilitasnya tinggi sebagai Calon Wakil Gubernur Jatim. Jika berpasangan dengan Bu Khofifah presentase mereka 49,7 %, jauh meninggalkan paslon yang kami pasangkan yakni Emil-Abu bakar dan Gus Ipul-Mbak Puti,” tutupnya. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga