Ridwan Zakaria Sebut Kedatangan Umar Samiun di Butur Rahmat untuk RIDA

Deni Djohan, telisik indonesia
Jumat, 27 November 2020
0 dilihat
Ridwan Zakaria Sebut Kedatangan Umar Samiun di Butur Rahmat untuk RIDA
Calon Bupati Buton Utara (Butur) dan Samsu Umar Abdul Samiun ketika disambut massa pendukung dan simpatisan RIDA. Foto: Deni Djohan/Telisik

" Saya kira kedatangan pak Umar memberi Rahmat bagi kami. "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Calon Bupati Buton Utara (Butur), Ridwan Zakaria (RZ) mengaku jika kedatangan tokoh masyarakat Kepulauan Buton (Kepton), Samsu Umar Abdul Samiun di Butur merupakan rahmat bagi kubu pasangan RIDA.

Pasalnya, sempat berhembus isu bila mantan ketua DPW PAN Sultra ini berbelok mendukung pasangan calon (Paslon) lain.

"Ini semua diluar dugaan saya. Ternyata pak Umar Samiun sudah sangat dirindukan masyarakat. Itu dilihat dari antusias masyarakat dalam penyambutan kemarin. Coba bayangkan, dari daerah perbatasan sampai masuk di ibukota penyambutan luar biasa," beber mantan bupati Butur periode 2011-2016 itu.

Mewakili perasaan masyarakat butur, utamanya para tim pendukung dan simpatisan RIDA, RZ mengucapkan rasa terimakasih atas dukungan mantan bupati Buton dua periode itu yang sempat membuat geger Paslon lain.

"Saya kira kedatangan pak Umar memberi Rahmat bagi kami," tambahnya.

Pada kesempatan itu, pasangan Ahali ini meminta kepada seluruh masyarakat Butur agar momentum Pilkada ini dijadikan sebagai wahana. Sehingga Pilkada yang digelar pada 9 Desember mendatang secara serentak berjalan aman dan lancar.

Baca juga: Pengamat Usul Gerindra Baiknya Serahkan Kursi Menteri KKP ke Presiden

Untuk diketahui, Umar Samiun sempat membuat heboh pasar Minaminanga, desa Linsowu, Kecamatan Kulisusu, Buton Utara. Bagaimana tidak, Umar Samiun melakukan aksi belanja tidak sesuai dengan harga sewajarnya. Seluruh jualan pedagang satu persatu dagangannya dibeli secara berjejer.

Yang bikin heboh karena Umar Samiun hanya mengambil satu saja dari setiap jenis barang yang dibelinya seperti ikan, buah-buahan, sayur mayur hingga bumbu dapur.

Dimana, harga mangga yang satu tempat Rp 15 ribu, Umar Samiun hanya mengambil satu buah mangga dan membayar dengan harga Rp 100 ribu. Demikian halnya ikan dan sayur, hanya diambil satu ekor serta satu ikat sayur dengan nilai yang sama, Rp 100 ribu.

"Ini saya ambil satu tempat saja yah, saya bayar 100 ribu," kata Umar Samiun sembari bergegas berpisah ke pedagang sebelah.

Salah satu penjual yang barang dagangannya di beli, Hariani (42), mengungkapkan rasa sukur dan kegembiraannya atas aksi belanja Umar Samiun.

Selama puluhan tahun berdagang, Hariani mengaku baru kali ini mengalami dan melihat pembeli seperti Umar Samiun.

"Cabai yang diambil tadi harga satu tempatnya Rp 5 ribu, tapi pak Umar Samiun itu membayar Rp 100 ribu. Kembaliannya tidak diambil. Begitu semuanya. Semoga pak Umar Samiun diberi banyak rezeki," ucap Sunarti yang merupakan warga Kelurahan Lipu, Kecamatan Kulisusu.

Baca juga: Pimpinan DPR Minta Masyarakat Cerdas Memilih di Pilkada

Pedagang lainnya, Halima (46) mengaku sudah familiar dengan nama Umar Samiun. Bahkan, rencana kedatangan Umar Samiun ke Butur telah lama dia nantikan.

"Sudah lama saya dengar mau ke sini (Butur). Saya kira tidak jadi, ternyata datang betul. Pak Umar Samiun ini terkenal orangnya suka menolong. Saya dengar juga katanya mau maju calon gubernur. Kalau betul, pasti kita dukung," bebernya.

Kedatangan Umar Samiun di pasar tersebut ditemani Ketua DPRD Buton, Hariasi beserta rombongan sekira pukul 08.00 Wita. Selama kurang lebih satu jam Umar Samiun berkeliling dalam pasar ereke, membeli satu persatu barang jualan.

Oleh sejumlah kelompok, aksi belanja 'satu' Umar Samiun dikait-kaitkan dengan perhelatan Pilkada Butur 9 Desember 2020. Terlebih lagi, saat turun kepasar, Umar Samiun didampingi Ridwan Zakaria - Ahali yang diketahui merupakan calon Bupati Butur periode 2020-2025.

Saat dikonfirmasi terkait hal itu, Umar Samiun menanggapi santai.

"Itukan persepsi masing-masing orang, kita tidak bisa melarang. Silakan saja orang berpersepsi, itu hak mereka," singkat Umar Samiun. (A)

Reporter: Deni Djohan

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga