Rahmatnya Muna Janjikan Perbaikan Jalan dan Air Bersih di Watoputeh

Putri Wulandari, telisik indonesia
Jumat, 13 September 2024
0 dilihat
Rahmatnya Muna Janjikan Perbaikan Jalan dan Air Bersih di Watoputeh
Pasangan Rahmatnya Muna saat menampung aspirasi warga di Desa Wakadia, Kecamatan Watoputeh, Jumat (13/9/2024). Foto: Kolase

" Bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati – Wakil Bupati Muna, LM Rajiun Tumada – Purnama Ramadhan, memberikan atensi atas keluhan warga Desa Wakadia, Kecamatan Watoputeh, terkait air bersih dan jalanan yang tak kunjung diperbaiki "

MUNA, TELISIK.ID – Bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati – Wakil Bupati Muna, LM Rajiun Tumada – Purnama Ramadhan, memberikan atensi atas keluhan warga Desa Wakadia, Kecamatan Watoputeh, terkait air bersih dan jalanan yang tak kunjung diperbaiki.

Rajiun berjanji akan memperbaiki infrastruktur jalan dari Desa Wakadia menuju Desa Bangunsari dan kemudian ke Desa Dana, yakni menjadi jalan lingkar karena nantinya akan masuk sebagai kota baru.

“Ini perbaikan jalan sudah masuk dalam program lima tahun lalu, sehingga kalau terpilih kita akan perbaiki,” ujarnya, Jumat (13/9/2024).

Selain perbaikan jalan, penyediaan air bersih juga menjadi fokus bagi pasangan Rajiun – Purnama, yang menggunakan akronim mereka dengan nama Rahmatnya Muna.

Baca Juga: Kukuhkan Tim Pemenangan Baru Pilbup Buton, Alvin - Syarifudin Siapkan Digitalisasi Desa

Purnama yang pernah menjabat sebagai Direktur PDAM Muna, mengatakan ketika ia menjabat sebagai direktur pihaknya pernah melakukan perbaikan di wilayah tersebut. Namun, saat itu terkendala dengan anggaran.

“Pasalnya, pemerintah pusat meminta 20 persen dari APBD dan akan menjadi PAD bagi daerah, namun saat itu tidak ada anggaran untuk perbaikan di wilayah Watoputeh sehingga sampai saat ini belum adanya ketersediaan air bersih,” tutur Purnama.

Mengenai penyediaan air bersih, Purnama merencanakan diadakan di Kecamatan Watoputeh. Ia mengaku telah mengetahui permasalahan yang harus diperbaiki terkait ketersediaan air bersih dan tinggal menunggu realisasi ke depan.

“Ini akan menjadi fokus utama kita ke depan,” pungkasnya.

Pasangan Rahmatnya Muna ini mengunjungi warga di Kecamatan Watoputeh dan menyerahkan bantuan kursi roda kepada salah satu pelajar disabilitas.

Kedatangan Rajiun – Purnama dimanfaatkan warga setempat dengan menyampaikan keluhan mereka, perihal akses jalan yang belum memadai serta belum adanya air bersih selama puluhan tahun.

“Ini sangat melelahkan, jalanan yang ditempuh masih rusak, ini sudah 10 tahun belum ada pengaspalan di Wakadia sini,” keluh Slamet, warga Desa Wakadia.

Baca Juga: Tim Pemenangan RD - FPK di Puriala Bertekad Rebut Kursi Bupati - Wakil Bupati Konawe

Slamet menuturkan, warga selalu dijanjikan akan dilakukan perbaikan jalan poros di Desa Wakadia menuju Bangunsari namun hingga kini belum ada realisasi.

Selain itu, Jalan Usaha Tani juga dikeluhkan oleh warga setempat. Jalan tersebut merupakan satu-satunya akses bagi petani untuk mendistribusikan hasil pertanian mereka.

“Namun lagi-lagi sangat memprihatinkan karena Jalan Usaha Tani juga belum memadai,” kata Slamet.

Untuk pasokan air, warga Kecamatan Watoputeh masih mengandalkan air yang dibeli, karena untuk mendapatkan air bersih sangat sulit dan air PDAM belum masuk ke wilayah tersebut, khususnya di Desa Wakadia. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga