Raidatul Saptrians, Penyuluh Agama Islam Segudang Prestasi dari Kota Baubau

Elfinasari, telisik indonesia
Jumat, 11 Agustus 2023
0 dilihat
Raidatul Saptrians, Penyuluh Agama Islam Segudang Prestasi dari Kota Baubau
Raidatul Saptrians saat menjadi juara 3 Penyuluhan Agama Islam Awards tahun 2023. Foto: Dokumentasi Raidatul Saptrians

" Raidatul Saptrians (24), adalah seorang Penyuluh Agama Islam (PAI) di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bungi, Kementerian Agama Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, memiliki prestasi yang menarik perhatian publik "

BAUBAU, TELISIK.ID - Raidatul Saptrians (24), adalah seorang Penyuluh Agama Islam (PAI) di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bungi, Kementerian Agama Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, memiliki prestasi yang menarik perhatian publik.

Wanita kelahiran 15 Agustus 1999 itu, merupakan putri dari La Saloma dan Wa Ode Rosma itu bukan penyuluh biasa. Ia adalah lulusan Cumlaude dari Universitas Islan Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, dengan masa studi selama 3 tahun 2 bulan.

Prestasinya tak berhenti di akademik. Wanita yang karib disapa Raida juga pernah menjadi juara 1 dalam lomba debat seputar isu konseling di kampusnya, dan telah menghasilkan karya tulis yang dimuat dalam jurnal.

Baca Juga: Kebakaran Gedung Eks KPPN Baubau Diduga Akibat Korsleting Listrik

Baru berpengalaman satu tahun sebagai penyuluh, Raida menghadapi tantangan bersaing dengan peserta dari seluruh Indonesia, sebagian besar sudah berpengalaman 5-10 tahun.

Meski demikian, ia berhasil menjadi juara 3 tingkat nasional di ajang lomba penyuluhan Agama Islam Awards yang sebelumnya bernama penyuluhan teladan. Lomba itu berlangsung di El Hotel daerah Kelapa Gading, Jakarta pada 7-10 Agustus.

Salah satu fokus Raida adalah karya moderasi beragama dalam ruang digital. Dengan kecakapan menggunakan gadget dan media sosial, ia aktif berbagi konten di instagram @kontenberbagi.id. Program itu merupakan salah satu dari tujuh program yang diajukan dalam lomba, dengan tujuan meningkatkan toleransi di wilayah multi agama dan multi kultural seperti Kecamatan Bungi.

Raida berharap dengan keberhasilannya di ajang nasional, ia bisa memotivasi rekan-rekan penyuluh lainnya, khususnya di Kota Baubau.

Baca Juga: SMK se-Sulawesi Tenggara Jahit Bendera Sepanjang 17 Km Termasuk SMKN 3 Baubau

Wa Ode Rosma, ibu dari Raida

mengungkapkan, rasa harunya melihat anaknya mampu tampil di ajang nasional.

"Semoga ke depannya bisa lebih berprestasi lagi," harapnya, Jumat (11/8/2023).

Kepala Kemenag Baubau, Mansur, juga memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih oleh Raida.

"Kami bangga memiliki penyuluh muda berprestasi seperti Raida di Baubau. Prestasinya membuktikan bahwa pemuda-pemudi kita memiliki potensi besar untuk memberikan kontribusi positif dalam bidang penyuluhan agama," ujarnya. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga