Kebakaran Gedung Eks KPPN Baubau Diduga Akibat Korsleting Listrik

Elfinasari, telisik indonesia
Jumat, 11 Agustus 2023
0 dilihat
Kebakaran Gedung Eks KPPN Baubau Diduga Akibat Korsleting Listrik
Meskipun 11 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan kebakaran gedung eks KPPN, api sulit padam karena angin yang sangat kencang. Foto: Elfinasari/Telisik

" Awal kebakaran bermula dari sisi belakang gedung KPPN Baubau dekat dengan Hotel Rajawali, kemudian menyebar ke seluruh gedung KPPN "

BAUBAU, TELISIK.ID - Kebakaran yang menghanguskan gedung eks Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) di Jalan Anoa, Kelurahan Kadolomoko, Kecamatan Kokalukuna, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, diduga akibat korsleting listrik.

Gedung yang terletak dekat Lippo Plaza Buton ini terbakar pada Kamis (10/8/2023) malam sekira pukul 20.30 Wita.

Seorang pedagang buah di depan gedung KPPN, Sirwa, menjadi saksi kejadian tersebut. Ia sedang berjualan ketika api tiba-tiba membesar dari arah gedung.

"Saya langsung menyelamatkan diri," kenangnya.

Ia menambahkan, awal kebakaran bermula dari sisi belakang gedung KPPN Baubau dekat dengan Hotel Rajawali, kemudian menyebar ke seluruh gedung KPPN.

Baca Juga: KPPN Baubau Ludes Dilahap Si Jago Merah

Seorang pedagang somai di sekitar lokasi, Apis, menduga penyebab kebakaran berkaitan dengan arus pendek atau korsleting listrik.

"Gedung ini memang sudah tidak aktif. Saya menduga ada korsleting listrik yang memicu kebakaran," katanya dengan nada prihatin.

Pantauan Telisik.id, angin kencang yang bertiup mempersulit upaya pemadaman. Api dengan cepat melahap gedung. Para petugas pemadam kebakaran berjuang keras melawan si jago merah.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Baubau, Muhammad Massad, mengatakan bahwa respon dari tim saat dihubungi jam 21.00 Wita hanya lewat 4 menit dari standar pelayanan mini dan seluruh pekerjaan tuntas hingga pukul 02.30 Wita.

Meski 11 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan, upaya awal menggunakan Water Cannon hanya membasmi bagian sisi belakang tempat munculnya api. Dan tiba-tiba api besar muncul dari arah timur sehingga petugas pemadam kewalahan dalam membasmi api.

Dalam peristiwa tersebut, sebagian besar gedung KPPN telah hangus. Namun, berkat upaya maksimal dari tim pemadam, barisan perumahan dinas KPPN yang berlokasi di belakang gedung berhasil diselamatkan dari amukan api.

Baca Juga: Gedung Eks KPPN Baubau Dilalap Si Jago Merah, Ternyata Kampus Universitas Swasta

"Satu gedung ini memang habis, namun yang bisa kami selamatkan adalah barisan perumahan KPPN. Kami melakukan bloking air untuk mencegah api menyebar." Tuturnya

Ia juga menambahkan bahwa yang buat api lama mereda karena tim kewalahan mencari air baku dan banyaknya arsip dokumen berupa lembaran kertas.

Hingga berita ini diturunkan, penyebab pasti kebakaran masih dalam tahap penyelidikan. Namun, berkat respons cepat dan kerja keras para petugas, tidak ada korban jiwa dalam tragedi ini. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga