Raihan Hattrick WTP Harus Diikuti Perbaikan Kualitas Hidup Masyarakat

Berto Davids, telisik indonesia
Minggu, 30 Mei 2021
0 dilihat
Raihan Hattrick WTP Harus Diikuti Perbaikan Kualitas Hidup Masyarakat
Anggota DPRD Kabupaten Manggarai, Silvester Nado. Foto: Ist.

" Seandainya mendapat opini WTP yang keempat kali maka kita patut acungkan jempol. "

MANGGARAI, TELISIK.ID - Kabupaten Manggarai baru-baru ini sukses mencetak hattrick meraih penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI perwakilan Provinsi NTT.

Hattrick tersebut diraih berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LHP LKPD) tahun 2020.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Kepala BPK RI perwakilan provinsi NTT, Adi Sudibyo kepada Bupati Manggarai, Heribertus Geradus Laju Nabit.

Menanggapi raihan itu, Anggota DPRD Fraksi Demokrat, Silvester Nado mengatakan, raihan WTP itu bukanlah perkara mudah. Hal tersebut merupakan prestasi yang luar biasa dari kepemimpinan Bapak Deno Kamelus dan Viktor Madur bukan prestasi Bapak Heribertus Geradus Laju Nabit dan Bapak Heribertus Ngabut.

Ia berharap tahun 2021 Manggarai juga bisa mendapat opini WTP di bawah kepemimpinan Bapak Heribertus Geradus Laju Nabit dan Heribertus Ngabut selaku bupati dan wakil bupati baru.

"Seandainya mendapat opini WTP yang keempat kali maka kita patut acungkan jempol," ujar Silvester kepada Telisik.id, Minggu (30/5/2021).

Ia mengatakan, dalam RPJMD 2022 - 2026 Bupati Heribertus Geradus Laju Nabit menargetkan opini WTP. Hal ini tentu menjadi kebanggaan juga bagi masyarakat kalau target tersebut menjadi kenyataan, sebab apapun alasan bupati sekarang punya tanggung jawab moril dalam mempertahankan prestasi yang sudah ditorehkan oleh mantan bupati Deno Kamelus.

Baca juga: Ombudsman Sebut Pelayanan Publik di Jatim Banyak Dikeluhkan

Terwujudnya opini WTP ini, kata Silvester, merupakan sebuah tantangan sekaligus spirit agar keuangan daerah sungguh-sungguh berada pada jalur konstitusi dan membawa kemaslahatan kehidupan masyarakat.

"Kita tidak hanya sekedar mendapatkan hasil opini dari BPK RI, akan tetapi menjadi lebih bangga ketika masyarakat Manggarai bisa mendapat kehidupan yang lebih layak," tutur Anggota DPRD Dapil Cibal - Reok itu.

Menurutnya, opini WTP harus sejalan dengan menurunnya angka kemiskinan, meningkatnya PDRB masyarakat, meningkatnya angka lama sekolah dan menurunkan angka pengangguran.

"Jangan sampai opini WTP hanya sekedar penilaian administrasi tanpa dibuktikan dengan kinerja kerja yang baik sehingga kita punya mimpi untuk mewujudkan keadilan dan kesejahteraan sosial sesuai amanat konstitusi," ungkap Alumni PMKRI itu.

Hal serupa dikatakan Anggota DPRD Kabupaten Manggarai Fraksi PAN, Eber Ganggut.

Eber mengatakan, penghargaan opini WTP itu merupakan prestasi pemerintahan sebelumnya yakni Deno Kamelus - Viktor Madur (DM), bukan prestasi pemerintahan sekarang, Heribertus Geradus Laju Nabit - Heribertus Ngabut (H2N).

"Jadi WTP ini merupakan keberhasilan semua pihak dalam mengolah keuangan negara di masa Pemerintahan DM, bukan pemerintahan sekarang, sebab pada tahun 2020 Kabupaten Manggarai masih dipimpin DM," kata Eber.

Eber mengingatkan bahwa opini WTP ini merupakan sebuah warisan berharga yang ditinggalkan oleh Pemerintahan DM untuk dipertahankan oleh Pemerintahan H2N yang sedang menjabat.

Baca juga: Museum Bharugano Wuna Jadi Tempat Pelestarian Budaya dan Wisata

Anggota DPRD Dapil V ini juga menuturkan bahwa untuk mendapat penilaian opini WTP selama tiga tahun berturut-turut bukanlah pekerjaan gampang. Hal tersebut butuh ketegasan seorang pemimpin untuk membina dan membimbing semua unsur pemerintahan khususnya para ASN agar mengelola sistem keuangan secara baik.

Ia menambahkan, raihan WTP ini merupakan sebuah ekspektasi yang terpatri dalam jiwa kepemimpinan DM sekaligus bukti kejujuran, iklhas serta kerja keras membimbing para ASN di akhir masa tugas.

"Prestasi yang luar biasa dan patut diapresiasi. Sebagai anggota DPRD saya bangga dengan capaian ini," ungkap Eber.

Sementara itu Bupati Manggarai, Heribertus Geradus Laju Nabit mengaku bahwa prestasi ini memang tidak terlepas dari kerja keras, kerja sama dan sinergi semua pihak termasuk DPRD.

Ia mengaku pihaknya mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada para ASN di masa pemerintahan sebelumnya yang sudah bekerja keras sehingga hasilnya sangat memuaskan.

"Saya menyampaikan apresiasi untuk seluruh ASN yang telah bekerja secara profesional hingga Manggarai berhasil mencetak hattrick WTP," ungkapnya.

Untuk diketahui bahwa sebelum meraih WTP, Kabupaten Manggarai juga meraih sertifikat penghargaan dari Kemenkes terkait keberhasilan Pemerintahan DM mengeliminasi malaria.

Penghargaan tersebut juga diterima Bupati Manggarai, Heribertus Geradus Laju Nabit. (B)

Reporter: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga