Rapat Badan Anggaran DPRD, Sumber Pendapatan Anggaran Perlu Jadi Fokus Utama

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Jumat, 26 November 2021
0 dilihat
Rapat Badan Anggaran DPRD, Sumber Pendapatan Anggaran Perlu Jadi Fokus Utama
Rapat Badan Anggaran DPRD Sultra bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Foto: Nurdian Pratiwi/Telisik

" Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra menggelar rapat terkait Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2022, bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) pada Rabu (24/11/2021) "

KENDARI, TELISIK.ID - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra menggelar rapat terkait Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2022, bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) pada Rabu (24/11/2021).

Rapat tersebut dihadiri juga oleh para anggota fraksi serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara

Wakil Ketua DPRD, Nursalam Lada mengatakan, sumber APBD perlu diproyeksikan atau dilihat perbedaan berapa persen kenaikan anggarannya pada tahun sebelumnya dengan tahun 2022 nantinya.

“Kan salah satu sumber anggaran kita adalah dari pajak, nah ini perlu kita proyeksikan lebih teliti di mana anggaran untuk 2022 tidak boleh sama dengan tahun lalu,” katanya.

Baca Juga: Ternyata Ini Manfaat Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor

“Maksudnya apa? Yakni agar setiap anggaran perlu ada peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya, sehingga data yang kita punya sekarang ini bisa terlihat perubahannya dari apa yang kita asumsikan,” lanjutnya.

Nursalam Lada juga menambahkan bahwa masing-masing OPD memiliki sumber anggaran tersendiri sehingga ia berharap adanya penetapan yang pasti sumber anggaran tahun ini, apakah mengalami penurunan atau kenaikan.

Sementara itu, Anggota Komisi II, H. Syamsul Ibrahim, SE, M.Si, mengingatkan bahwa untuk menetapkan anggaran dan belanja daerah tersebut tidak perlu dibahas dengan terburu-buru.

“Kalau dari saya, untuk pembahasan seperti ini tidak perlu terburu-buru membahasnya, hal ini masih dapat kita rumuskan di hari lain, bisa besok ataupun lusa,” katanya.

“Kenapa begitu? Agar pengambilan keputusan pun tidak mengalami kekeliruan, karena jika keliru maka baik kita maupun masyarakat akan mengalami imbasnya,” imbuhnya.

Baca Juga: Pemkot Kendari Genjot Capaian Vaksinasi Lewat PeduliLindungi

Di tempat yang sama, Ketua Fraksi Nasdem, Sudarmanto, SE, M.Si, menyampaikan pendapatnya bahwasanya rapat tersebut perlu difokuskan pada satu hal saja yakni terkait Pendapatan Anggaran dan Belanja Daerah saja, yang di mana menjadi pembahasan yang perlu segera diselesaikan.

“Menurut saya kita hanya perlu memfokuskan pada apa yang menjadi pembahasan kita sekarang, karena tadi saya dengar sudah ada yang sedikit melenceng dari apa yang seharusnya dibahas,” ungkapnya.

“Jadi solusinya sekarang kita kembali dulu pada APBD, kita sepakati dulu bersama dengan para OPD setelah itu baru kita membahas yang lainnya,” sambungnya. (A-Adv)

Reporter: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga