Tujuh Unit Seksi RTH Bidang Tata Lingkungan DLHK Kendari Rutin Lakukan Perawatan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 28 Januari 2021
0 dilihat
Tujuh Unit Seksi RTH Bidang Tata Lingkungan DLHK Kendari Rutin Lakukan Perawatan
Petugas tata lingkungan bagian RTH sedang memotong rumput di media jalan. Foto: Ist.

" Unit Pemangkasan melakukan pemangkasan tanaman bunga, seperti yang ada di taman halaman Rujab Wali Kota dan pemangkasan bunga "

KENDARI, TELISIK.ID – Demi menjaga lingkungan kota tetap bersih dan asri, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kendari rutin melakukan perawatan ruang terbuka hijau (RTH).

Kepala Bidang Tata Lingkungan DLHK Kendari, Adi Jaya Purnama mengatakan, untuk melakukan perawatan lingkungan ini sudah seharusnya setiap hari dibersihkan dan ditata, khususnya di RTH.

“Di median jalan sendiri untuk tanaman ini, kami setiap saat melakukan evaluasi terkait tanaman yang ada, misalnya ada bunga yang sudah tidak layak lagi, kita ganti,” katanya, belum lama ini.

Kata dia, pihaknya dari Bidang Tata Lingkungan khususnya Seksi RTH yang berjumlah tujuh unit terus konsisten dalam melaksanakan tugasnya yakni memaksimalkan penataan, pembersihan median jalan dan taman.

Ketujuh unit seksi RTH tersebut adalah pertama yakni unit Pembabatan Median yang rutin melaksanakan kegiatan pembabatan di median jalan, kedua, unit Pembabat Berem melaksanakan pembabatan berem salah satunya yang ada di Rujab Wali Kota Kendari.

Kemudian unit Median Tersebar, yang melaksanakan penataan dan pembersihan lokasi median jalan sesuai wilayah masing-masing. Sementara unit Taman Kendari Beach melakukan penataan dan pembersihan taman.

Unit Pemangkasan melakukan pemangkasan tanaman  bunga, seperti yang ada di taman halaman Rujab Wali Kota dan pemangkasan bunga. Untuk unit Pembibitan, rutin melaksanakan penanaman tanaman di sejumlah median jalan. Sementara unit Penyiraman, melaksanakan penyiraman tanaman di lokasi yang telah ditentukan setiap harinya.

“Untuk perawatan, Pemkot ini luar biasa perhatiannya untuk membuat median yang indah. Tahun ini ada petugas sebanyak 153 orang khusus lapangan di RTH yang dibagi dalam sejumlah unit tersebut,” pungkasnya.

Baca Juga: RTH Jadi Solusi Kurangi Tingkat Stres Masyarakat Kota

Baca Juga: Tolak Perpanjangan PPKM di Kota Kendari, Pengunjuk Rasa dan Pol PP Nyaris Ricuh

Sementara itu, Kepala DLHK Kendari, Nismawati mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut terlibat menjaga lingkungan, karena ini bukan hanya tugas pemerintah saja, tapi semua pihak, baik pemerintah tingkat kecamatan dan kelurahan maupun masyarakat itu sendiri.

“Kalau kota kita mau bersih, maka semua pihak harus saling berkoordinasi. Sebab, menjaga lingkungan merupakan tugas semua pihak,” pungkasnya.

Salah seorang warga Kota Kendari, Sri Sulastri mengaku senang melihat jalan bersih dan tertata rapi. Sebab, itu dapat membuat masyarakat juga merasa nyaman.

“Kita senang juga kalau kota kita ini bersih dan tertata rapi. Apalagi, Kendari ini menjadi pusat ibu kota Provinsi Sultra, sehingga kebersihan RTH dan tamannya harus terjaga,” ujarnya. (A-Adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga