Ratusan Hektare Sawah di Kolaka Timur Panen Raya

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Minggu, 20 November 2022
0 dilihat
Ratusan Hektare Sawah di Kolaka Timur Panen Raya
Kadis Perkebunan dan Hortikultura, Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Kolaka Timur, dan Kapolsek Ladongi turut serta melakukan panen raya padi di Kecamatan Ladongi. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Kabupaten Kolaka Timur saat ini tengah malaksanakan panen raya di 440,5 hektare sawah "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Sebagai salah satu daerah penghasil padi terbesar di Sulawesi Tenggara, Kabupaten Kolaka Timur saat ini tengah malaksanakan panen raya di 440,5 hektare sawah.

Salah satu wilayah yang saat ini melaksanakan panen raya yakni dari kelompok tani Gapoktan Surya Tani yang berada di Kelurahan Welala, Kecamatan Ladongi, Kabupaten Kolaka Timur.

Panen raya dihadiri oleh Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura Lasky Paemba, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Idarwaty, Kapolsek Rate-Rate Irfan, serta perwakilan dari Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan serta Camat Ladongi.

Kegiatan panen raya ini dirangkaikan dengan pembagian hadiah mulai dari motor, sampai dengan sembako yang disediakan oleh PT. Dharma Guna Wibawa dan Pemkab Kolaka Timur untuk para petani.

Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura, Lasky Paemba menuturkan, panen raya ini sudah dilaksanakan di berbagai wilayah di Kolaka Timur.

Baca Juga: Pendaftaran Calon PPK Dilakukan Secara Online

"Apa yang dihasilkan hari ini merupakan target dari Pemkab Kolaka Timur, agar Kolaka Timur terus tumbuh menjadi penghasil padi terbanyak di Sulawesi Tenggara," bebernya, Minggu (20/11/2022).

Ia berharap kepada PT. Dharma Guna Wibawa agar kegiatan ini selalu ditingkatkan dan dikembangkan di wilayah lain yang ada di Kolaka Timur.

"Karena di Kolaka Timur masih banyak daerah persawahan yang perlu kontribusi dan pembinaan," tambahnya.

Ia juga meminta untuk terus berkolaborasi meningkatkan hasil produksi pertanian di Kolaka Timur.

"Saya ingin mengajak bapak-bapak petani jangan berhenti untuk menanam padi, dan jangan pernah berhenti produksi padi," tegasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Idarwaty mengaku sangat bersyukur karena panen kali ini produksi padi mencapai 9,4 ton per hektare atau rata-rata 5 ton per hektare.

"Ini pertanda untuk musim tanam yang kedua ini di Kecamatan Ladongi ada peningkatan produksi dari tahun sebelumnya," tambahnya.

Ia mengatakan, dari segi ketersediaan pangan di Kolaka Timur khusus padi atau beras, bisa mempertahankan surplus yang telah dicapai.

"Di mana pada tahun 2019 kita surplus sampai 61.000 ton, sedangkan di tahun ini kita mencapai surplus 101.000 ton," imbuhnya.

Baca Juga: Sepeda Motor Diduga Milik Calo BBM Terbakar di SPBU Kambara Muna Barat

Untuk menjaga ketersediaan pangan di Kolaka Timur, ia meminta para petani menyimpan sebagian hasil panen, tidak dijual semua.

"Ini kita jaga agar ketersediaan pangan kita di masa inflasi tetap aman," tambahnya.

Sementara itu salah satu petani, Larsing, sangat mengapresiasi Pemkab Kolaka Timur yang ikut hadir dalam kegiatan panen raya ini. Ia berharap Pemkab Kolaka Timur membantu menjaga ketersediaan pupuk bagi para petani.

"Panen yang sekarang bisa dikatakan lebih bagus dari pada panen tahun lalu," ujarnya. (A)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga