Ratusan Lampu Jalan Terangi Kota Konawe

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 04 April 2023
0 dilihat
Ratusan Lampu Jalan Terangi Kota Konawe
Pergantian lampu di ruas jalan membuat Kota Unahaa, Kabupaten Konawe semakin terang. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Penggantian ratusan mata lampu di ruas jalan Ibu Kota Unaaha membuat suasana kota semakin indah dan terang "

KONAWE, TELISIK.ID - Penggantian ratusan mata lampu di ruas jalan Ibu Kota Unaaha membuat suasana kota semakin indah dan terang.  

Pemasangan lampu LED tersebut dilakukan dari gerbang masuk Kota Unaaha di Kelurahan Ranoeya, lalu mengarah ke pusat Kota Unaaha, hingga ke Kelurahan Rahabangga.

Selain di dalam Kota Unahaa, program pemasangan lampu jalan juga dilakukan di jalan poros Konawe-Kendari di Desa Wonggeduku, Kecamatan Wonggeduku Barat, Kabupaten Konawe.

Baca Juga: Polres Konawe Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Alam

Kepala Desa (Kades) Wonggeduku, Syawal menyebutkan, ada 133 lampu jalan yang dipasang untuk menerangi jalan desa sekaligus jalan poros Konawe-Kendari.

“Untuk penerangan lampu jalan tersebar di 3 dusun yakni Dusun 1, Dusun 2 dan Dusun 3. Mulai dari poros hingga lorong,” jelasnya.

Syawal juga mengungkap, program penerangan jalan di Desa Wonggeduku yang bersumber dari Dana Desa (DD).

Ia juga berharap, masyarakat dapat memelihara dan menjaga fasilitas penerangan jalan yang telah difungsikan itu demi kepentingan bersama.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Wonggeduku yang telah mendukung program kegiatan penerangan jalan ini,” tutupnya.

Sementara itu Kepala DLH Konawe, Herianto Wahab menuturkan, di dalam Kota Unahaa ada 600 mata lampu yang diganti, dengan ukuran 40 watt saja. Lebih kecil di banding lampu-lampu sebelumnya yang berukuran 300 sampai 500 watt.

“Meski lebih kecil wattnya, penerangannya sudah cukup bagus. Dan yang terpenting lebih hemat mulai Rp 500 juta sampai Rp 1 miliar per tahunnya,” ujarnya.

Ia juga mengatakan lampu-lampu lama yang selama ini menghiasi diganti dengan lampu jenis LED.

Selain itu lanjut Herianto, keunggulan lain dari lampu LED ialah membuat serangga tidak mendekat. Hal itu membuat pengendara motor yang melintasi jalan tidak terganggu.

Baca Juga: Warga Konawe Hilang Tenggelam di Muara Sungai Ameroro

“Keunggulan lainnya tentu lebih banyak lagi dan masyarakat juga sudah tahu,” pungkasnya.

Salah satu masyarakat sekitar, Asrini mengungkap dengan adanya perbaikan lampu di sepanjang jalan Kota Unahaa itu dapat mempercantik suasana kota dan memberikan rasa aman kepada pengendara.

"Lebih aman saja dirasa kalau bawa motor karena terang mi jalan," ujarnya.

Ia berharap agar penerangan jalan ini juga dapat dilakukan di lorong-lorong yang ada di Kota Unahaa. (A-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga